Amalan Baik Untuk Ibu Hamil

Amalan dan doa baik untuk ibu hamil

Perasaan antara gembira, takut, khawatir dan perasaan lainnya sering dialami oleh wanita yang hamil atau ketika akan melahirkan. Terlebih lagi setelah memasuki masa-masa persalinan. Ketegangan dan kekhawatiran biasanya semakin meningkat.

Karena itulah, Islam memberikan tuntunan bagi para ibu hamil untuk senantiasa berdzikir dan berdo’a, agar segala gundah dan resah terhapus, digantikan oleh rasa tenang dan bahagia.

Amalan untuk ibu hamil

 

Amalan atau doa untuk ibu hamil dilakukan dengan maksud memohon kepada Alloh SWT agar supaya nanti ibu hamil dan janin yang dikandung dilindungi Alloh SWT, dan diberi kemudahan pada saat persalinan nantinya.

Selayaknya bagi setiap ibu hamil mengerti akan pentingnya sebuah doa agar dikaruniai anak yang shaleh dan sesuai harapannya. Allah SWT telah berjanji untuk mengabulkan semua doa yang dipanjatkan kepada-Nya.

Salah satu faktor penyebab diijabahnya doa bukan karena banyaknya bacaan yang dibaca, tetapi keyakinan dan keistiqomahan kita dalam mengamalkan doa. Dalam satu hadits, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya jalan ijabah doa adalah doa yang berkesinambungan dan terus menerus meminta kepada Allah SWT setiap waktu.”

Selain itu ada beberapa hal lain yang mesti dilakukan, di antaranya tidak pernah bosan atau putus asa dalam berdoa, memiliki keyakinan yang kuat bahwa doanya pasti diijabah, selalu berprasangka baik kepada Allah SWT, menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, serta selalu berbuat baik kepada sesama.

Amalan ibu hamil menurut agama Islam, baik diamalkan oleh bunda yang sedang dalam masa kehamilan maupun suami

Berikut amalan yang baik dilakukan pada masa kehamilan ibu.

  • Perbanyak dzikir dan Istighfar. Sebelum dan sesuda sholat 5 waktu perbanyaklah dzikir dan itighfar yaitu ucapan” Astaghfirullaah…”.
  • Membaca Surah Al-Fatihah. Amalan ini memiliki keutamaan sebagai ruqyah, untuk mengobati segala penyakit dan kesusahan. Boleh dibaca satu kali, tiga kali, tujuh kali, atau lebih.
  • Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Masing-masing dibaca 3 kali di pagi hari, sore hari, dan menjelang tidur.
  • Membaca ayat Kursi, yakni ayat 255 pada surat Al-Baqarah. Baik dibaca satu kali di pagi dan sore hari, menjelang tidur, dan saat dzikir setelah shalat fardhu.
  • Membaca 2 ayat terakhir dari surat Al-Baqarah, yaitu ayat 285 dan 286. Baik dibaca satu kali di sore hari atau menjelang tidur. Membaca ayat ini insya Allah akan menjaga dan melindungi Anda dari segala gangguan.
  • Membaca 5 ayat pertama dari surat Al-Baqarah.
  • Banyak membaca kalimat, “Laa haula walaa quwwata illaa billaah” yang artinya, “Tiada daya dan kekuatan melainkan karena pertolongan Allah.”

amalan dan doa ibu hamil

Doa Doa dan Amalan Ibu Hamil

Doa dan amalan Islam Untuk Ibu Hamil Supaya Mudah Melahirkan

Amalan ibu hamil yang insyaallah kan memudahkan wanita dalam proses melahirkan adalah sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Adzkar yang diambil dari hadist Rasulullah SAW dan telah diamalkan oleh para salaf terdahulu yaitu sebagai berikut . . .

Terlebih dahulu membaca Ayat Kursi

“Allahulaa ilaahaillahuawalhayyulqoyyum, laata’khuduhu sinatuwwalanaum, lahumaafissamawati wamafilardi, mangdzalladzi yasyfa’u ngindahu illa biidnih, ya’lamuma bayna aydihim wamaa kholfahum, walayuhithunabisyai-immin’ilmihii illa bimasyaa, wasia kursiyuhussamawati wal’ard, walaa yauduhu hifduhuma wahuawal’aliyyul adim”

اللهُ لآَ إِلَهَ إِلاَّ هُوََ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَنَوْمُُ لَّهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِندَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَآءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلاَ يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيم

Lalu Membaca Ayat Dibawah ini Sebanyak 3 Kali

إِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ اْلأَرْضَ فِيْ سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى اْلعَرْشِ.يُغْشِيْ اْللََّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيْثًا وَّالشَّمْسَ وَ اْلقَمَرَ وَ النُّجُوْمَ مُسَخَّرَاتِ بِأَمْرِهِ.أَلاَ لَهُ اْلخَلْقُ وَاْلأَمْرُ.تَبَارَكَ اللهُ رَبُّ اْلعَالَمِيْن

Kemudian Membaca Surah Al Ikhlas, Mu’awidzatain dan Al Fatihah

بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ قُلْ هُوَ اللهُ أَحَـدٌ. اَللهُ الصَّمَـدُ. لَمْ يَلِـدْ وَلَمْ يٌوْلَـدْ. وَلَمْ يَكُـنْ لَهُ كُفُـوًا أَحَـدٌ بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ، مِنْ شَرِّ ماَ خَلَقَ، وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ، وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ، وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَد بِسْم اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ، مَلِكِ النَّاسِ، إِلَهِ النَّاسِ، مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ، اَلَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِي صُدُوْرِ النَّاسِ، مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرحِيْمِ. ماَلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ إِيِّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ. آمِيْنِ



Kemudian Perbanyaklah Membaca Doa Alkarb

لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ العَظِيْمُ اْلحَلِيْمُ،لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ رَبُّ اْْلعَرْشِ اْلعَظَيمِْ،لاَاِلَهَ اِلاَّاللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَ الأَرَضِيْنَ السَّبْعِ وَ رَبُّ اْلعَرْشِ اْلكَرِيْمِ

Amalan ibu hamil agar mudah melahirkan

Doa dan Amalan Untuk Ibu Hamil Saat Akan Melahirkan

Dzikir & Amalan Ibu Hamil Menjelang Bersalin & Doa Melahirkan agara dimudahkan dalam proses persalinan, dan mudah dalam melahirkan. Mengandung calon bayi merupakan anugerah sekaligus ujian dari Allah SWT. Anugerah karena tidak semua wanita diberi-Nya nikmat kehamilan. Ujian karena hamil merupakan jihad bagi kaum wanita. Calon ibu harus mengerahkan segenap kekuatan fisik dan mental selama 9 bulan lebih. Bahkan kekuatan itu mencapai klimaksnya saat proses kelahiran. Karenanya, Islam memberi panduan berupa doa dan wirid agar Allah SWT memberi kekuatan selama masa kehamilan dan ketika proses persalinan.

  • Membaca Al Fatihah
  • Membaca surat Al Baqarah ayat 1-5
  •  Membaca ayat kursi (Ayat Singgasana adalah ayat ke-255  Surat Al-Baqarah)
  • Membaca surat Al Baqarah ayat 284-286

Nabi saw bersabda “Barangsiapa membaca 5 ayat awal surat Al Baqarah, ayat kursi, dan 2 ayat sesudahnya serta 3 ayat terakhir surat Al Baqarah (ayat 284-286), maka pada hari itu dia dan keluarganya tidak akan didekati syetan atau sesuatu yang tidak dia sukai.”

  • Membaca surat Al A’raf ayat 54 (Al-A’raf adalah surat ke-7 dalam Al-Qur’an)

Ketika Fathimah ra menanti saat-saat persalinan, Nabi Muhammad SAW memerintahkan Ummu Salamah ra dan Zainab binti Jahsy ra untuk mendatangi putrinya itu dan membaca ayat kursi dan Al A’raf 54 serta memohonkan perlindungan Allah SWT, dengan membaca mu’awwidzataini (surat Al Falaq dan An Naas) (HR. Ibnussunni).

  • Membaca surat Al Hasyr ayat 22-24 (Al Hasyr adalah surah ke-59 dalam al-Qur’an)
  • Membaca surat Al Ikhlas dan mu’awwidzataini (Al-Falaq dan An-Naas)

Amalan ketika menjalani kehamilan

Amalan Dzikir Ibu Hamil Agar Tidak Keguguran

Berikut ini merupakan Dzikir (wirid) Asmaul Husna untuk memperoleh kemuliaan di dunia dan akhirat, untuk memohon agar istri terhindar dari keguguran, dan hajat keluarga segera tercapai. Perbanyak amalan dzikir asmaul husna berikut setelah melakukan sholat wajib 5 waktu maupun setelah sholat sunnah:

Al Mujiib,  المجيب .
Artinya: Yang Maha Mengabulkan.

Khasiat dan keutamaan:
1.  Do’a yang sedang dipanjatkan cepat dikabulkan oleh Allah.
2.  Segala sesuatu yang sedang dihajatkan akan disegerakan oleh Allah.

Cara mengamalkan:
1.  Setiap hari secara rutin membaca “Yaa Mujiib” sebanyak 55 kali.
2.  Dibaca setelah selesai shalat subuh.

 

Al Kariim,  الكريم .
Artinya: Yang Maha Pemurah lagi Maha Mulia

Khasiat dan keutamaan:
1.  Memperoleh kemuliaan di dunia dan akhirat.
2.  Memperoleh kehormatan dikalangan masyarakat.

Cara mengamalkan:
1.  Setiap hari secara rutin supaya membaca “Yaa Kariim” sebanyak 280 kali.
2.  Dibaca ketika akan tidur dan lebih utama dibaca dalam keadaan suci (bermudhu).

Ar Raqiib,  الرقيب .
Artinya: Yang Maha Mengawasi semua yang Dilakukan.

Khasiat dan keutamaan:
1.  Terjaga harta kita yang berada ditempat yang jauh.
2.  Menyelamatkan isteri (terpelihara) dari gangguan orang lain saat ditinggal bepergian lama dan jauh.
3.  Bisa mencegah keguguran bagi isteri yang sedang hamil.

Cara mengamalkan:
1.  Bagi yang memiliki harta kekayaan atau barang dagangan ditempat yang jauh, supaya secara rutin setiap hari membaca “Yaa Raqiib” sebanyak 50 kali. Tidak terikat waktu dan dalam keadaan bagaimanapun bisa diamalkan.
2.  Bagi seorang suami yang akan merantau jauh, sebelum berangkat supaya membaca “Yaa Raqiib” sebanyak 7 kali sambil memegangleher isterinya. Insya Allah, isteri yang ditinggalkan akan selamat dari gangguan apapun dan dalam bentuk apapun, dengan kuasa Allah.
3.  Bagi seorang suami yang isterinya sedang hamil, supaya setiap hari membaca “Yaa Raqiib” sebanyak 7 kali sambil memegang perut isterinya. Insya Allah, isterinya tidak akan mengalami keguguran selama masa kehamilan, dengan kuasa Allah

Insya Allah doa akan disegerakan oleh Allah untuk di ijabah. Doa dan Amalan Supaya kandungan kehamilan tidak mengalami keguguran Bacalah Ya Hasiib sebanyak 7 kali setiap habis sholat fardhu 5 waktu dengan mengusap perut ibu hamil.

Demikian amalan-amalan yang baik dilakukan bunda pada saat menjalani masa kehamilan. Semoga amalan untuk ibu hamil ini bermanfaat.

Semoga bunda dikarunai anak yang sholeh dan berbakti kepada Orang Tua, Juga Taat Pada ajaran Agama. . amien

 



Tips Ibu Hamil Tags:

  • amalan ibu hamil muda
  • dzikir untuk ibu hamil
  • amalan ibu hamil
  • dzikir ibu hamil
  • surat yang dibaca saat hamil muda
  • amalan saat hamil muda
  • amalan saat hamil
  • amalan bumil
  • amalan bagi ibu hamil
  • amalan untuk ibu hamil

 


Pencarian Terkait :

  • amalan ibu hamil 1 bulan
  • dzikir untuk ibu hamil
  • amalan ibu hamil
  • Dzikir ibu hamil
  • amalan ibu hamil muda
  • surat yang dibaca saat hamil muda
  • asmaul husna untuk ibu hamil
  • Amalan ibu
  • amalan hamil muda
  • amalan ibu hamil 3 bulan

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!