Mengobati Infeksi dengan Amoksisillin

obat amoxicillin untuk ibu hamil

Kehidupan kita dikelilingi dengan berbagai macam obat. Obat digunakan untuk mengatasi sakit agar merasa lebih baik. Sebisa mungkin kita harus selalu menjaga kesehatan, jangan sampai sakit. Namun tidak menutup kemungkinan ketika kekebalan tubuh sedang tidak baik ditambah faktor lingkungan membuat Anda atau orang-orang terdekat Anda menjadi sakit.

Salah satu obat yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan adalah amoksisilin. Anda pasti pernah mendengarnya bukan?

Amoksisilin Obat Apa?

Untuk menjawab amoksisilinamoxicillin obat apa, jawabannya yaitu obat inimerupakan obat golongan antibiotik panisilin. Obat ini digunakan untuk mengatasi sakit yang disebabkan karena bakteri. Misalnya untuk infeksi saluran kemih, infeksi pernafasan, infeksi pencernaan, infeksi telinga, dan sebagainya. Namun obat ini hanya dapat mengatasi sakit karena bakteri, tidak dapat digunakan untuk mengatasi sakit karena virus.

Menggunakan Antibiotik Amoksisilin?

Untuk menggunakan amoksisilin, sebaiknya dengan resep dokter. Sehingga dalam mengkonsumsi obat ini takarannya pas sesuai yang disarankan oleh dokter. Apabila Anda membeli obat tanpa resep dokter, dikhawatirkan bahwa Anda tidak dapat mempertimbangkan dosis yang tepat.

Amoxicillin UNTUK IBU HAMIL

Anda tidak tahu seberapa parah sakit yang dialami serta tidak tahu dosis yang dibutuhkan seberapa banyan pe hari. Selain dosis per hari, Anda juga perlu mengetahui seberapa lama waktu terbaik dalam mengonsumsi obat ini. Kemudian untuk cara minumnya biasanya setelah makan agar lambung tidak bermasalah. Jika dokter meresepkan obat yang diminum setelah makan, maka minumlah obat setelah makan.

Namun jika diresepkan sebelum makan, maka cara meminum obatnya sebelum makan. Masing-masing takaran sesuai dengan kandungan dan reaksi obat pada tubuh.Nah, untuk amoxicillin tersedia dalam bentuk tablet, kapsul.

Manfaat Antibiotik Amoksisilin?

obat amoxicillin untuk ibu hamil

Obat amoxicillin mempunyai banyak manfaat dalam mengobati beberapa penyakit tertentu. Sebagian dari Anda pasti pernah melihat atau bahkan meminum obat yang satu ini. Obat yang dapat dibeli di apotik ini bisa dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak. Tentu saja manfaat ini akan lebih maksimal jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat. Berikut manfaat antibiotik  amoxicillin yaitu sebagai berikut.

1. Membunuh Bakteri Penyebab Penyakit

Apabila tubuh sudah merasakan sakit, berarti bakteri sudah masuk ke dalam tubuh. Fungsi amoksisilin adalah untuk membunuh bakteri tersebut. Selain itu, setelah beberapa hari mengonsumsi obat ini, maka obat ini pun bisa mencegah bakteri tumbuh kembali. Oleh karena itu, jika sudah diberi resep oleh dokter, obat harus dihabiskan dalam waktu yag sudah ditentukan. Kebiasaan banyak orang adalah apabila merasa tubuh sudah baikan sedikit lalu berhenti minum obat. Padahal dokter sudah membuat resep sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh sampai benar-benar sembuh dan bakteri mati.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat tubuh sakit maka salah satu sebabnya adalah karena kekebalan tubuh yang menurun. Ada banyak penyebab kekebalan tubuh menurun. Misalnya karena pola hidup setiap hari yang kurang sehat, pola makan, kurang istirahat, tubuh lelah, dan lain sebagainya. Sakit karena infeksi biasanya menyerang kekebalan tubuh.

3. Mengatasi Infeksi

Amoxanmerupakan obat bermerk yang mengandung amoksisilin. Ada banyak infeksi yang bisa diatasi dengan obat ini. Jika mengalami masalah telinga, hidung, dan tenggorokan karena infeksi maka dokter akan meresepkan obat amoksisilin baik merk amoxan atau merk lain.

Infeksi lainya seperti sistem pencernaan, pernafasan, saluran kemih sistem reproduksi wanita, infeksi kulit dna jaringan lunak, meningitis, dan sebaginya. Namun mengonsumsi obat tanpa perubahan pola hidup sehat akan sia-sia. Jadi, ketika mengonsumsi obat harus diimbangi dengan pola hidup sehat dan olahraga yang cukup. Selain itu, istirahat juga menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh.



Mencegah Bakteri Masuk Ke Tubuh

Seperti yang telah diuraikan bahwa amoksisilin merupakan obat anti bakteri. Oleh karena itu obat ini mempunyai senjata untuk melawan berbagai macam bakteri yang mengganggu tubuh. Obat anti bakteri biasa dikenal dalam istilah medis yaitu antibiotik.

Bakteri yang bisa menyerang tubuh yaitu S. peneumonia, N. Ggnorrhoeae, P. mirabilis, Streptococcus, E.coli, H. pylori, Staphylococcus, dan lain sebagainya. Obat antibiotik harus dihabiskan sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter. Bisa jadi antibiotik jumlahnya lebih banyak dibandingkan obat lain dalam satu kali resep, sehingga obat ini lebih lama habis.

Meskipun begitu, obat golongan ini harus dikonsumsi sampai habis untuk mencegah bakteri muncul kembali. Cara melawan bakteri tidak bisa dalam satu kali minum kemudian bakteri langsung mati. Bakteri mati secara perlahan-lahan.

Sehingga ketika badan sudah merasa lebih baik namun obat belum habis, bukan berarti bakteri telah mati seluruhnya. Namun cara mengonsumsi obatnya harus sampai habis agar bakteri benar-benar mati. Jika tidak dihabiskan, bisa saja bakteri masih tersisa dan Anda tidak jadi sembuh secara total. Itulah gunanya resep agar sesuai dengan kebutuhan obat.

Itulah beberapa manfaat dari amoxicillin untuk mengatasi gangguan kesehatan yang disebabkan oleh bakteri yang mengganggu kesehatan kita sehari-hari.

Kemasan Dan Dosis Amoksisilin

kaplet-amoxicillin

Sebagai obat yang bermerk, amoxsan mempunyai kemasan yang beragam. Kemasan obat ini yaitu tersedia dalam kapsul berisi 250 mg dan kapsul 500 mg. Obat ini jga tersedia dalam tablet dispersibel 250 mg. Untuk anak juga tersedia siru[ 125 mg/ml maupun sirup forte 250 mg/5ml. Sedangkan obat tetes pedriatik volumenya yaitu 100 mg/ml dan untuk suntikan bisa ditemukan bentuk ampul dan vial.

Dosis amoksisilin untuk anak dengan dewasa dengan berat badan 20 kg atau lebih yaitu dengan dosis 250 mg-250 mg dalam 8 jam sekali. Sedangkan untuk anak dengan berat badan yang 8 kg atau lebih dapat diberikan sirup 125 mg – 250 mg setiap 8 jam sekali.

Efek Samping Konsumsi Antibiotik Amoxicillin

amoxicillin

Perlu Anda ketahui bahwa setiap obat mempunyai efek samping apabila digunakan tidak sesuai dosis yang tepat. Apabila mempunyai masalah ginjal, maka harus hati-hati dalam mengonsumsi obat ini. Efek samping yang bisa ditemukan seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut. Untuk efek samping yang lainnya yaitu skait kepala ringan, gatal dan v4g*na sampai mengeluarkan cairan, serta lidah yang berwarna kehitaman.

Orang dengan yang mempunyai masalah dengan hati pun harus waspada dengan penggunaan obat ini. Cara konsumsi yang paling aman adalah dengan petunjuk dan resep dari dokter. Anda pun perlu konsultasi dengan dokter mengenai penggunaan obat ini dibersamakan dengan obat lain.

Misalnya untuk probenesid. Karena probenesid meningkatkan kadar amoksisilin dalam darah. Anda juga perlu memerhatikan jika dibarengi dengan obat allopurinol. Nah, jika amoksisilin dibarengi dengan antibiotik yang lain seperti makrolid, kloramfenikol, tetrasiklin, dan sulfonamid akan menurunkan keefektivitasan amoksisilin.



Penggunaan dengan vaksin bakteri hidup juga akan membuat vaksin menjadi tidak efektif sebab kandungan dalam bakteri hidup tersebut dimusnahkan oleh obat amoksisilin lalu kekebalan tubuh akan menurun. Sedangkan pasien yang alergi pada golongan penisilin juga mengalami kontra indikasi.

370 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • golongan obat amoxcilin

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!