Usia Berapa Bayi Bisa Tengkurap, dan Kapan Bayi Bisa Tengkurap

Bayi Tengkurap

Semua ibu tentu ingin mengetahui apakah perkembangan bayinya sudah berjalan secara normal atau tidak. Tanda-tanda perkembangan dan pertumbuhan bayi yang normal; seperti kapan bayi dapat tengkurang sebenarnya berbeda-beda sebab semua bayi memiliki perkembangannya tersendiri.

Bayi akan mengalami fase tengkurap yang menjadi tahapan awal sebelum dapat merangkak, berdiri dan berjalan dengan baik dan tegap. Lalu, pada usia berapa bayi bisa tengkurap? Berikut penjelasanya.

Bayi Bisa Tengkurap PadaUsia Berapa?

Usia berapa bayi bisa tengkurap?

Pertanyaan ini seringkali dilontarkan para ibu muda atau ibu-ibu yang baru saja melahirkan anak pertama. Tentunya mereka takut jika nanti perkembangan si buah hati terlambat atau bahkan terlalu cepat dibanding anak seusianya.

Usia berapa bayi bisa tengkurap itu berbeda-beda tergantung perkembangan dan pertumbuhan yang mereka alami. Ada bayi yang bisa tengkurap pada usia 2 bulan, ada juga yang 3 bulan dan bahkan ada yang sudah 4 bulan baru bisa tengkurap.

Tetapi pada umumnya, bayi bisa tengkurap sendiri pada usia sekitar 3 sampai 6 bulan. Jika bayi Bunda mengalami keterlambatan saat tengkurap bisa jadi itu hal yang normal jika usia bayi Bunda masih dibawah 6 bulan. Namun, jika bayi yang sudah berusia lebih dari 6 bulan masih belum bisa hamil, Bunda harus segera dan cari tahu penyebabnya. Bunda harus melihat kondisi fisik dari bayi Bunda apakah terlalu gemuk karena bayi dengan tubuh yang gemuk cenderung terlambat dalam berkembang.

Mereka akan mengalami kesulitan untuk tengkurap sendiri sedangkan bayi yang memiliki tubuh kecil akan lebih cepat tengkurap dan lebih mudah bergerak. Jadi, jika bayi Bunda memiliki tubuh gemuk dan terlambat dalam tengkurap, jangan khawatir, hal ini normal-normal saja.

Waktu Yang Tepat Untuk Melatih Bayi Tengkurap Sendiri

Melatih bayi tengkurap

Pertanyaan mengenai adakah waktu yang tepat untuk melatih bayi agar bisa tengkurap sendiri akan coba saya jelaskan.  Bunda  bisa melatih bayi untuk tengkurap sehingga bisa mempercepat si kecil untuk tengkurang sendiri. Waktu yang tepat untuk melatih bayi tengkurap sendiri adalah 2 hingga 3 bulan saat kepalanya sudah kuat untuk menyangga sendiri.

Para ahli menganjurkan jika Bunda ingin melatih bayi tengkurap, latihlah selama 30 menit setiap hari tetapi tidak dalam sekali seminggu. Bunda bisa membagi waktu sekitar 30 menit tengkurap itu dalam beberapa waktu missal bayi tengkurap selama 5 menit atau 6 kali dalam sehari. Baca juga: Jadwal lengkap imunisasi bayi.

Melatih bayi tengkurap sendiri seperti ini bisa dikatakan aman karena tidak akan membuat si bayi lelah ataupun sakit. Sebelum melatih bayi agar bisa tengkurap sendiri, Bunda harus memperhatikan beberapa hal seperti kondisi bayi. Jika bayi Bunda  sedang rewel atau  tidak nyaman, maka jangan dulu lakukan latihan seperti ini. sebab ini akan membuat si bayi akan tambah rewel lagi nantinya.

Ada begitu banyak keuntungan yang bisa didapat pada posisi bayi yang tengkurap seperti memberikan bagian belakang tubuh bayi untuk beristirahat. Biasanya, bagian belakang pada tubuh bayi akan merasa panas karena terlentang terus sehingga harus diistirahatkan sejenak.

Bayi tengkurap juga bisa membuat otot leher bayi menjadi kuat sehingga mampu untuk menyangga kepalanya sendri dan siap untuk merangkak. Saat bayi dalam posisi terlentang, bayi dapat menendang-nednag dengan kuat dan tangannya pun akan aktif bergerak. Baca juga: Pentingnya menjaga kesehatan bayi.



Ini bisa membuat kemampuan motorik kasarnya akan meningkat. Bayi yang berada dalam posisi tengkurap otomatis tangan si kecil akan berusaha menggenggam dan menarik segala sesuatu yang ada di dekatnya. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan motorik halusnya.

Kapan Bayi Bisa Tengkurap?

Bayi Tengkurap

Seperti yang sudah saya jelaskan pada awal pembahasan, jika tumbuh kembang bayi berbeda- beda. Bunda bisa melihat kondisi fisik dari si bayi apakah sudah kuat untuk menyangga atau belum. Jika belum, jangan dulu untuk melatih bayi agar bisa tengkurap sebab akan berbahaya nantinya.

Sebagian bayi sudah bisa tengkurap pada usia 2 bulan tetapi tidak dengan bayi lainnya. Artinya, fase perkembangan dari tiap bayi tentu berbeda-beda. Jadi disini kita tidak bisa memastikan kapan bayi bisa tengkurap karena bayi satu dengan bayi lain mengalami perbedaan dan tidak bisa disamakan. Namun, bayi secara umum akan tengkurap saat umur 3 hingga 6 bulan. Baca juga: Daftar nama bayi islam modern.

Jadi, buat Bunda orangtua terutama yang baru melahirkan anak pertama, jangan khawatir jika bayi Bunda mengalami perkembangan yang agak telat dan berbeda dengan anak seusianya sebab banyak sekali factor yang bisa mempengaruhi kemampuan bayi untuk bisa mengkurapkan tubuhnya sendiri salah satunya berat badan.

Cara Melatih Bayi Tengkurap Sendiri

melatih bayi tengkurap

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih bayi tengkurap sendiri.

Pertama, Bunda bisa tengkurapkan bayi pada kedua paha Bunda secara perlahan. Posisi ini akan membuat kepala bayi tergantung dan ini akan melatihnya untuk bisa mengangkat kepalanya sendiri.

Kedua, Bunda bisa memulai untuk melatih bayi Bunda agar bisa tengkurap setiap hari dalam waktu singkat. Bunda bisa membantu bayi untuk membalikkan tubuhnya dan coba biarkan bayi berada dalam posisi tengkurap dalam waktu 5 menit.

Ketiga, jika bayi Bunda belum bisa mengangkat kepalanya sendiri, Bunda bisa membantu bayi dengan memberinya sanggahan berupa bantal untuk menopang dagunya. Hal ini tentu harus diperhatikan dan diawasi agar keamanan dari si bayi tetap terjaga.

Keempat, Bunda bisa menengkurapkan bayi dengan meletakkan bayi diatas tubuh Bunda yang terlentang dan biarkan bayi Bunda tengkurap. Posisi ini dapat membuat kontak mata bayi dengan Bunda dan bayi pun akan merasa terlindungi.


Perlu Bunda ketahui bayi tidak suka berlama-lama dalam posisi tengkurap terutama jika bayi tersebut masih dalam proses belajar. Tentu aka nada rasa bosan sehingga membuat bayi menjadi rewel jika ditengkurapkan dalam waktu yang lama. Baca juga perawatan bayi baru lahir.

Bunda bisa perhatikan apakah bayi dalam keadaan nyaman atau tidak. Jika tidak, jangan coba-coba untuk menengkurapkannya karena bisa membuat bayi akan semakin rewel dan menangis. Jika Bunda ingin melatih bayi tengkurap, latihlah ketik bayi baru bangun tidur.

Bunda bisa menengkurapkan bayi diatas perutmu karena posisi ini dapat membuat bayi merasa aman dan nyaman. Bayi juga bisa menatap langsung wajah serta ekspresimu. Disini Bunda bisa membiarkan bayi untuk melatih dirinya sendiri sehingga bisa menjaga keseimbangan.



Bunda  bisa melihat jika bayi Bunda senang tengkurap diatas perut Bunda dan ingin berlama-lama berada pada posisi itu. Disini Bunda bisa merasakan adanya hubungan yang kuat antara Bunda dengan si kecil karena posisi ini bisa memudahkan Bunda untuk saling berinteraksi dan juga saling menatap. Semoga artikel mengenai kapan bayi bisa tengkurap ini bermanfaat.

649 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • bayi tengkurap umur berapa
  • Brp lma membiarkan bayi yg sdang bljar tengkurep
  • cara tengkurapkan bayi 1 bulan
  • kapan bayi tengkurap
  • kapan waktu yang tepat untuk anak tengkurap
  • kolesterol normal berapa
  • makanan ibu hamil usia 5 bulan loc:ID
  • makanan ibu menyusui agar bayi cepat gemuk
  • umur berapa anak bayi tengkurap
  • umur berapa anak bisa tengkurap sendiri

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!