Kandungan Buah Sirsak Memberikan Banyak Manfaat Bagi Ibu Hamil

buah sirsak

Buah-buahan merupakan sumber penghasil vitamin terbaik bagi kesehatan tubuh manusia, Vitamin juga merupakan salah satu sumber nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk kesehatannya di masa kehamilan dan tentunya untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungannya. Buah Sirsak, salah satu buah yang memilki banyak kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan ibu hamil, selain rasanya enak, sirsak juga mudah didapatkan. Sirsak sendiri selain enak untuk di makan secara lansung, sirsak juga enak untuk di buat menjadi olahan makanan ataupun minuman seperti jus buah sirsak. Manfaat sirsak bagi ibu hamil sangat banyak, itulah yang membuat ibu hamil sendiri disarankan untuk konsumsi sirsak selama masa kehamilannya.

manfaat buah sirsak bagi ibu hamil

Jus buah sirsak sangat kaya akan vitamin dan baik untuk di konsumsi anak-anak bahkan ibu hamil sekali pun, bahkan kandungan yang ada dibuah sirsak juga bagus untuk mengatasi kolestrol.

Apa saja Manfaat buah Sirsak Bagi Ibu hamil ?

buah sirsak bagi ibu hamil

Ibu Hamil tidak dilarang untuk mengkonsumsi buah sirsak, bahkan sirsak di rekomendasikan untuk ibu hamil, mengingat banyaknya asupan nutrisi dan gizi yang di perlukan ibu hamil untuk sang buah hati maupun buat ibu sendiri, akan tetapi buah sirsak tidak boleh terlalu sering dikonsumsi untuk ibu hamil, mengingat untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan terjadi pada janin maupun kesehatan sang ibu sendiri, oleh karena itu sebelum mengkonsumsi buah sirsak sebaikya ibu hamil berkonsultasi kepada dokter yang bersangkutan untuk mengetahui batasan maupun jumlah dari buah sirsak yang di perbolehkan untuk ibu hamil.

Lalu, apa saja manfaat buah sirsak bagi ibu hamil? Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi buah sirsak pada periode masa kehamilan;

  • Buah sirsak mengandung banyak kalsium maupun fosfor, hal itu memberikan dampak positive untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan, sebab kalsium dan fosfor bagus untuk membentuk memperkuat dan pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.
  • Kandungan yang ada pada buah sirsak juga bisa membuat buah sirsak sendiri sebagai obat alami untuk kesehatan tubuh kita, dan untuk ibu hamil sendiri buah sirsak bermanfaat untuk membersihkan rahim ibu atau dengan kata lain sebagai pembersih bagi rahim.
  • Manfaat buah sirsak bagi ibu hamil lainnya ialah untuk membantu ibu hamil mencegah Komplikasi selama masalah kehamilannya, seperti yang kita ketahui bahwa selama masa kehamilan memang akan banyak rintangan dan masalah yang timbul pada kesehatan ibu hamil, sebab daya tahan tubuh ibu hamil yang menurun, hal itu biasanya disebabkan karena ibu hamil sendiri harus berbagi energi dan segala asupan nutrisi dan gizi yang di peroleh ibu hamil harus di bagi dengan janin yang ada di dalam kandungannya.
  • Manfaat lain Buah sirsak bagi ibu hamil ialah; menjauhkan risiko diabetes pada ibu hamil, sebab seperti yang kita tahu bahwa rasa buah sirsak sendiri tidak terlalu manis tetapi lebih ke asam, dan kandungan vitamin yang banyak di dalam buah sirsak selain mampu untuk menurunkan risiko kolestrol juga mampu untuk mencegah diabetes selama masa kehamilan.

Untuk menikmati buah sirsak sendiri banyak cara yang bisa di lakukan oleh ibu hamil, agar tetap memberikan manfaat buah sirsak bagi ibu hamil, adapun cara pengolahan buat sirsak yang baik untuk ibu hamil akan di kupas di pembahasan berikutnya.



Cara Mengolah Buah Sirsak agar Tetap Memberikan Manfaat yang Baik bagi Ibu hamil

Pada umumnya buah sirsak biasanya bisa dimakan secara langsung, rasa buah sirsak yang asam manis membuat siapa saja yang melihatnya tidak akan menolak untuk mencicipi buah yang berdaging putih ini.

1. Jus Buah Sirsak

jus buah sirsak

Cara pengolahan buah sirsak yang pertama adalah dengan membuat jus sirsak, Jus buah sendiri merupakan salah satu cara yang praktis untuk mengkonsumsi buah bagi para ibu hamil yang tidak suka makan buah secara lansung , membuat jus buah seperti jus buah sirsak misalnya adalah cara yang sangat efektive. Adapun cara membuat jus buah sirsak untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, kupas buah sirsak dengan cara membelah buah sirsak menjadi beberapa bagian, ambil satu bagian lalu bersihkan dari biji-biji buah sirsak yang masih menempel pada daging buah.
  2. Setelah semua daging buah sudah di bersihkan, satukan semua daging buah sirsak tanpa biji itu dalam satu wadah.
  3. Kemudian, siapkan blender, lalu ibu misa memasukan daging buah tanpa biji tersebut kedalam blender
  4. Setelah daging buah masuk kedalam blender, tambahkan air secukupnya dan seikit gula ( akan lebih bagus bila ibu tidak menambahkan gula pada jus buah agar tetap menjaga manis buah dan vitamin yang terkandung dalam buah tersebut), atau ibu juga bisa mengganti gula cair dengan susu kental manis.
  5. Setelah semuanya dimasukan kedalam blender, tekan tombol ON pada blender, dan tunggulah sampai daging buah sirsak, air dan gula tersebut bercampur sampai halus.
  6. Jus buah sirsak siap diminum. (Tambahkan Es Batu jika suka)

2. Es Cream Buah Sirsak

es krim buah sirsak

Olahan selanjutnya ialah dengan membuat buah sirsak menjadi es cream buah sirsak. Es cream adalah salah satu makanan yang sangat menggiurkan, hampir semua orang didunia ini sangat menyukai olah es satu ini, nah untuk ibu hamil sendiri bisa membuah es cream sendiri dengan buah-buahan seperti sirsak misalnya. Membuat es cream sendiri dirumah selain menyenangkan, ibu hamil juga bisa memastikan kebersihan dan bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat es cream pun aman untuk di konsumsi ibu hamil. Beberapa langkah untuk membuat es cream sirsak ini hampir sama dengan langkah-langkah membuat jus buah sirsak di atas. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut;

  1. Siapkan santan kelapa muda kira-kira 1 gelas, kemudian siapkann daging buah sirsak yang sudah di pisahkan dengan bijinya, susu kental manis, gula secukupnya dan garam secukupnya.
  2. Campurkan semua bahan kedalam blender, kemudian blender semua bahan sampai halus.
  3. Setelah semuanya halus, dan teksturnya sudah dirasa lembut, masukan kedalam prezer atau pembeku, tunggu hinga 24 jam.
  4. Es cream buah sirsak siap dinikmati.


Apa pun olahannya, Manfaat buah sirsak bagi ibu hamil tetap terjaga, selama olahan tersebut di olah secara bersih dan aman dari bahan-bahan kimia lainnya.

550 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • buah menyuburkan kandungan
  • buah sirsak buat ibu menyusui
  • buah sirsak dan kelapa kental untuk bisa hamil
  • es krim sirsak
  • ibu hamil boleh minum es krim
  • larangan jus sirsak untuk ibu hamil
  • makan buah sirsak setelah melahirkan
  • manfaat jus sirsat bagi ibu usia 40 an

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!