Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Cara mengatasi bintik-bintik pada bayi

Merawat kulit bayi memang tak semudah seperti merawat kulit orang dewasa, sebab lapisan kulit bayi yang masih halus dan tipis sangat lah sensitif terhadap rangsangan dari luar, salah satu efek dari ransangan dari luar terhadap kulit bayi adalah Biang Keringat. Biang Keringat memang bukanlah penyakit yang berbahaya bagi bayi, bahkan biang keringat sendiri merupakan hal wajar yang sering terjadi pada bayi.

Cara mudah mengatasi biang keringat pada bayi

Banyak hal yang menyebabkan biang keringat pada bayi salah satu pemicu utama dari biang keringat adalah cuaca.  Pada umumnya biang keringat sendiri bisa sembuh sendiri tanpa perlunya tindakan yang lebih lanjut, namun sebagai seorang ibu terlebih ibu yang baru memiliki anak, melihat hal yang aneh dari sang buah hati, tentunya akan membuat sang ibu khawatir dengan keadaan sang buah hati, walau sebenarnya hal tersebut bukanlah hal yang berbahaya.

Walaupun Biang keringat bukan lah penyakit yang berbahaya bagi sang bayi, biang keringat tetaplah menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan rasa gatal, oleh sebab itu diperlukan cara-cara menghilangkan biang keringat.

 

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Mengatasi Biang Keringat pada bayi

Biang keringat merupakan bitnik-bitnik merah pada kulit bayi, umumnya biang keringat memang tidak berbahaya, namun bisa menimbulkan rasa gatal bagi bayi itu sendiri, oleh sebab itu biang keringat harus cepat di atasi agar bayi tetap merasa nyaman. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan sang ibu untuk mengatasi biang keringat pada bayi

  1. Hindarilah Udara Lembab Atau Udara Panas

Mengatasi biang keringat pada bayi
Cara untuk mengatasi biang keringat pada bayi

Pada umumnya biang keringat pada bayi memang disebabkan oleh udara, khususnya udara yang panas atau lembab , oleh sebab itu sang ibu harus lah jeli dan sangat peka dengan tinkat suhu udara di sekitar bayi, sebab kulit bayi sangat sensitive dengan ransangan dari luar seperti udara, dan berikanlah ruangan yang baik untuk kulit bayi anda tentunya dengan udara yang sejuk di dalam ruangan tersebut.

Apabila ruangan yang anda merikan untuk bayi tersebut menggunakan AC maupun kipas angin, pastikan angin yang keluar dari kipas angin atau AC tersebut tidak lansung mengarah ke tubuh bayi. Bayi anda harus banyak mengkonsumsi air putih untuk menganti cairan yang keluar melalui keringat, dan hal ini juga baik untuk bayi agar ia tidak mudah dehidrasi. Pastikan Ibu selalu membawa topi ketika membawa bayi anda keluar rumah.

  1. Gunakan Pakaian Berbahan 100% Katun.

Biang Keringat juga bisa disebabkan oleh pakaian yang di kenakan oleh bayi tidak higenis, maka dari itu pastikan kebersihan pakaian anak anda, dan bahan dari pakaian bayi pun juga harus di pertimbangkan. Cobalah untuk mengenakan pakaian untuk bayi anda dengan bahan dasar serat alami, dan pastikan pakaian yang di kenakan oleh bayi anda tidak menggunakan bahan dasar kain sintesis, sebab pakaian dengan menggunakan bahan kain sintesis sangat mudah menerap panas. dan pastikan pakaian yang di kenakan sang bayi tidak ketat  agar ia tetap nyaman beraktivitas.



  1. Cobalah Untuk Tidak Sering Menggendong Si Kecil

Tahukah bunda? bahwa sering menggendong bayi terutama ketika cuaca panas akan membuat bayi tambah kepanasan sehingga hal itu bisa memicu biang keringat pada kulit bayi. Ketika cuaca yang sedang tidak mendukung cobalah untuk menidurkan sang bayi atau biarkan dia beraktivitas sendiri namun tetap di bawah pengawasan.

Baca juga: mengenali berbagai jenis-jenis tangisan bayi.

  1. Pastikan Kulit Bayi Tetap Kering

Kulit bayi yang dingin dapat mencegah binti-bitnik merah pada kulit bayi, maka dari itu bila cuaca diluar sedang panas jangan bawa bayi anda keluar rumah, dan cobalah unuk mendinginkan kulit bayi dengan membersihkan tubuh si kecil dengan menggunakan kain basah.

  1. Gunakan Lotion Bayi

Di era modern seperti ini, banyak sekali produk-produk yang di produksi sesuai dengan kebutuhan si kecil, seperti misalnya lotion bayi. Lotion bayi sendiri berfungsi untuk melembabkan kulit bayi agar terus terasa dingin dan segar, sehingga bisa membuat bayi terbebas dari biang keringat. Apabila si kecil mengalami biang keringat yang parah, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan, biasanya dokter akan memberikan resep obat khusus untuk bayi atau krim-krim yang di perlukan untuk mengatasi biang keringat pada bayi.

Tips Menghilangkan Bitnik Merah Pada Kulit Bayi

Menghilangkan Bitnik Merah Pada Kulit Bayi
Cara mengatasi masalah biang keringat pada bayi

Jika bayi anda mengalami biang keringat yang parah, sehingga membuat bayi terus menangis dan tidak nyaman dengan kondisi biang keringat seperti itu, cobalah untuk menerakan beberapa tips dan cara yang ada di dalam artikel ini. Cara yang diberikan di dalam artikel ini sangat mudah dan bisa di lakukan di rumah serta tanpa memberikan efek samping untuk si kecil.

1. Cara Tradisional Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi.

Gunakan tepung kanji, ini merupakan cara traditional yang sudah lama digunakan oleh generasi turun menurun, zaman dahulu baby powder memang tidak ada, oleh karena itu orang zaman dahulu menggunakan tepung kanji sebagai solusi alternative untuk menghilangkan bitnik-bitnik merah pada kulit bayi akibat biang keringat. Memilih tepung kanji sebagai bahan dasar untuk mengobati biang keringat, Karena tepung kanji bersifat dingin dan memang sangat di perlukan untuk menghilangkan bitnik-bitnik merah pada bayi adapun cara untuk mengaplikannya ialah sebagai berikut:

  • Siapakann tepung kanji secukupnya,
  • Kemudian tambahkan air secukupnya, aduk sampai berbentuk pasta.
  • Setelah itu , usapkan pada kulit bayi yang mengalami biang keringat.

Cara ini digunakan untuk menimalisir rasa gatal maupun panas pada kulit bayi.

2. Menggunakan Tanaman Herbal.

gambar daun tembelekan

Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan daun dari tumbuhan herbal seperti daun tembelekan. Lantana Camara Linn adalah nama latin dari tanaman yang satu ini, tanaman ini merupakan tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Adapun cara pengaplikasian dari tanaman herbal ini adalah sebagai berikut:

  • Siapkan daun tembelekan secukupnya kira-kira segenggam tangan orang dewasa.
  • Siapkan air kurang lebih 3 gelas.
  • Lalu rebus lah daun tersebut selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah suhu dari rebusan daun tembelekan ini terasa hangat kuku, basuhlah tubuh sang bayi dengan menggunakan air rebusan itu.


Daun ini baik digunakan sebagai obat biang keringat pada bayi sebab daun ini mampu meredakan suhu panas pada tubuh bayi dan membersihkan kulit bayi yang mana bisa menjadi pemicu dari biang keringat itu sendiri, oleh karena itu menggunakan daun ini untuk mengatasi masalah biang keringat pada bayi, sangat di rekomendasikan.

 

1,729 kali dilihat, 19 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • biang keringat pada bayi
  • biang keringat bayi
  • cara mengatasi biang keringat pada bayi
  • gambar biang keringat pada bayi
  • biang keringat pada anak
  • mengatasi biang keringat pada bayi
  • biang keringat
  • cara mengobati biang keringat pada bayi
  • bintik bintik di tubuh bayi
  • atasi gatal pada bayi

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!