12 Tips Bagi Ibu Hamil Yang Bekerja

ibu-hamil-bekerja

Bekerja itu sehat lahir batin, tapi jangan sampai membahayakan kehamilan dan janin. Baca Juga tips bagi ibu hamil yang berpuasa.

Berikut Beberapa Tips Bagi Bunda yang tetap Bekerja selama kehamilan;

  1. Informasikan jenis pekerjaan ke dokter untuk mendapatkan saran terbaik sesuai kondisi kehamilan Anda.
  2. Tidak bekerja bila berat badan(BB) Anda atau pertambahan BB kurang. Anda harus menaikkan berat badan dengan mengalokasikan asupan kalori untuk pertambahan berat badan, bukan untuk bekerja.
  3. Pasang alarm di kantor untuk mengingatkan makan, minum, stretching, istirahat, pulang, atau ke dokter kandungan. Kesibukan jangan sampai membuat Anda melupakan jadwal penting.
  4. Bawa Bekal Makan Siang, jika tidak disediakan kantor. Dengan demikian, Anda tidak makan di luar, yang berisiko kurang bersih dan kurang sehat. Sediakan pula camilan bergizi, seperti buah dan krekers, di tempat kerja.
  5. Bila bekerja di depan komputer, seringlah mengalihkan pandangan untuk meng-istirahatkan mata dan mencegah sakit kepala.
  6. Jangan membawa pulang pekerjaan. Terus-menerus bekerja membuat pikiran tegang. Selesaikan tugas di kantor berdasarkan skala prioritas dan disiplin waktu.
  7. Manfaatkan teknologi komunikasi, untuk mengurangi mobilitas ke luar kantor.
  8. Cegah cedera dan kecelakaan (jatuh, terpeleset, terkilir, keseleo) dengan bergerak pelan, memakai sepatu berhak rendah, berpegangan pada teralis saat naik/turun tangga, minta tolong orang mengambilkan barang di tempat tinggi dan menjaga kewaspadaan meski sibuk.
  9. Batasi lembur. Pastikan pekerjaan lembur ringan, seperti makan malam dengan klien atau membalas email rekan kerja.
  10. Dengarkan tubuh Anda. Perlambat kerja bila mulai letih. Pulang lebih awal bila Anda merasa lelah.
  11. Banyak istirahat di rumah. Semakin melelahkan pekerjaan Anda, semakin perlu Anda mengurangi kegiatan fisik di luar jam kerja.
  12. Ajukan permohonan mutasi atau pindah bagian jika pekerjaan:
    • Berhubungan dengan tugas mengangkat barang, menarik, mendorong, mendaki (tangga, tiang, loteng), membungkuk pada pinggang, berdiri 30 menit hingga 4 jam sehari.
    • Memiliki jadwal kerja (shift) malam.
    • Berisiko terpapar radiasi sinar X, zat kimia berbahaya, bakteri dan kuman penyakit.
    • Berada di ketinggian lebih dari 8200 kaki (di atas 2500 meter), batas ketinggian yang aman bagi ibu hamil.

    Semua itu berisiko membahayakan kandungan dan janin. Misalnya, naik turun tangga berisiko jatuh, mengangkat barang melelahkan, banyak berdiri berisiko mencetus tekanan darah tinggi, kerusakan plasenta dan bayi lahir dengan Berat Badan ibu hamil rendah. Pekerjaan di ketinggian menimbulkan perubahan tekanan udara yang berisiko mencetus perdarahan, keguguran dan persalinan prematur. Perlindungan terhadap pekerja perempuan yang hamil dijamin UU Ketenagakerjaan RI13/2003 Pasal X Ayat 76.

Promosi Saat Hamil, Kenapa Tidak?

ibu hamil yang bekerja



Ya, mengapa tidak? Hak Anda sebagai pekerja sekaligus perempuan yang sedang hamil, dijamin UU Ketenagakerjaan RI 13/2003. Berdasarkan UU tersebut, sebagai karyawan perusahaan, Anda berhak diperlakukan sama seperti karyawan lain (Bab III pasal 5 dan 6) termasuk kesempatan mendapat pekerjaan, pengakuan kompetensi, promosi, kenaikan gaji, bonus, pelatihan dan penempatan kerja. Aturan khusus di perusahaan -bila ada- tidak boleh bertentangan dengan UU yang berlaku.

Pentingnya Dukungan Kolega Bagi Kelancaran Kehamilan Bunda



Teman kerja ada bersama Anda 8-1o jam sehari, karena itu ‘libatkan’ mereka dalam kehamilan agar pada kondisi darurat bisa membantu.

  • Perbarui informasi tentang kehamilan Anda kepada mereka, misalnya hasil pemeriksaan bulanan.gangguan kehamilan dan perkiraan tanggal bersalin.
  • Tempel memo di meja kerja berisi person dan nomor kontak untuk dihubungi saat darurat (suami, dokter, rumah sakit, rumah).
  • Tempel catatan di tempat yang mudah terlihat tentang penanganan bila Anda pingsan, adatanda-tandaakan bersalin dan teknik persaiinan darurat.

 

 

477 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • istirahat di kantor ibu hamil
  • senam hamil tua

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!