Waspadai Kanker Serviks | Kasus Kanker Serviks Jupe

Penyebab kanker Serviks

Bahaya Kanker Serviks bagi Para Wanita

Kanker Serviks merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang berbahaya. Seperti yang kita ketahui, Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ganas, sudah banyak korban jiwa yang di sebabkan oleh penyakit kanker ini. Penyakit Kanker sendiri tidak mengenal batasan usia, gender maupun status miskin atau kaya. Kanker bisa menyerak pria maupun wanita, muda ataupun tua. Pada umumnya kanker memiliki jenisnya, salah satunya Kanker Serviks.  Hampir semua wanita di dunia ini beresiko terkena kanker serviks, sebab kanker serviks ini menyerang leher rahim.

Apa itu Kanker Serviks ?

Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang di sebabkan oleh virus human papilloma, virus ini akan menyerang leher Rahim, oleh sebab itu kanker serviks ialah kanker yang terdapat pada leher Rahim, dimana ada sel-sel di leher Rahim yang tidak normal, dan berkembang terus dengan tidak terkendali. Sel-sel yang di sebabkan oleh virus tersebut bisa berkembang dengan sangat pesat, sehingga menyebabkan tumor ganas yang bersarang di leher Rahim, dan tumor ganas itu lah yang menyebabkan kanker serviks.

Leher Rahim sendiri merupakan organ yang berbentuk tabung silinder yang berfungsi sebagai pintu masuk untuk menghubungkan vag*na dan Rahim. Penderita kanker serviks biasa mengalami pendarahan yang berlebihan di luar dari masa haid mereka atau bahkan setelah masa monopose. Tetapi, jika anda mengalami pendaharan yang banyak setelah masa menstruasi bukan berarti anda mengalami kanker serviks, lebih baik jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan untuk memeriksakan kesehatan rahim anda.

 

Lalu, Seperti Apa Tanda-Tanda Kanker Serviks ?

Ada pun tanda-tanda kanker serviks yang bahkan sering kali tidak di ketahui dari para wanita, seperti ,

  • Keluarnya kotoran yang tidak biasa,
  • Kutil
  • Nyeri atau bahkan pendarahan
  • Anemia
  • Masalah Kemih
  • Merasa nyeri terus menerus pada kaki, pinggul, atau punggung.

Selain dari beberapa tanda kanker serviks diatas, masih ada beberapa ciri-ciri dari kanker serviks yang bisa saja anda alami, seperti rasa sakit pada mulut rahim, terjadi pendarahan yang tidak normal, mengalami keputihan yang tidak biasa, merasa sakit pada saat melakukan hubungan int*im, frenkuensi buang air kecil mengalami peningkatan, mengalami kesulitan saat buang air kecil, mengalami gangguan pencernaan, kehilangan nafsu makan, merasakan lelah yang sangat berlebih, dan sebagainya.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang menderita kanker rahim, namun pada umumnya kanker rahim lebih berisko menyerang mereka yang aktif secara s*ks*ual dan cenderung sering melakukan hubungan s*ks*ual dengan pasangan yang berbeda-beda.

 

Penyebab-Penyebab Kanker Serviks.

Virus kanker Serviks

Secara umum, penyebab kanker serviks yang paling utama ialah disebabkan oleh Human Papiloma Virus yang menyerang leher rahim, hingga bisa menyebabkan kematian bagi para penderita kanker serviks. Virus ini sendiri merupakan kumpulan dari berbagai virus yang terdiri lebih dari 100 jenis virus yang berkumpul menjadi satu, namun penyebab kanker serviks yang paling umum terjadi ialah virus HPV 16 dan HPV 18. Virus tipe lain mungkin dapat menyebabkan infeksi pada kulit kelamin seperti tumbuhnya kutil, namun tidak berbahaya bagi manusia. Masih banyak faktor-faktor lain penyebab kanker serviks yang mungkin sering anda lakukan tanpa anda sadari dapat menyebabkan sesuatu hal yang fatal bagi kesehatan anda.



Berikut ini beberapa penyebab kanker serviks yang paling sering terjadi dan di alami oleh seorang wanita;

1. Berganti-ganti Pasangan

Kesetiaan sangat di perlukan dalam suatu hubungan, bukan hanya untuk menjaga perasaan satu sama lain saja, namun kesediaan juga harus di lakukan untuk menghindari penyakit yang bisa menyerang anda maupun pasangan anda, misalnya kanker serviks. Resiko terkena Infeksi virus HPV sangat tinggi bila anda melakukan hubungan s*ks*ual kepada lebih dari satu orang. Setia pada pasangan adalah salah satu langkah terbaik untu membantu anda mengurangi resiko terkena penyakit kanker serviks tersebut.

 

2. Kebiasaan Mer*kok

Wanita perokok memiliki resiko 2 kali lipat daripada wanita yang tidak merokok,Rokok mengandung zat-zat yang bisa menjadi pemicu utama kanker, terutama kanker paru-paru. Beberapa riset telah menunjukan bahwa zat tembakau terdapat pada lender leher rahim perempuan yang merekok.

 

3. Hubungan S*ks*ual di Usia Dini.

Melakukan hubungan s*ks*ual di usia dini juga dapat disebabkan karena melakukan hubungan s*ks*ual diusia dini (di bawah 17 tahun), dimana sel belum tumbuh dengan sempurna, maka dari itu memiliki resiko 2x lipat lebih rentan terkena kanker serviks.

4. Penggunaan Pil KB.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Pil Kb biasa di gunakan oleh ibu rumah tangga untuk menjaga jarak lahir anak, namun siapa sangga bahwa penggunaan pil kb dapat memberikan dampak yang tidak bagus pada kesehatan anda. Konsumsi pil KB lebih dari 5 tahun dapat menyebabkan resiko tinggi terkena kanker serviks.

Masih banyak penyebab-penyebab lainnya kanker serviks lainya yang bisa saja terjadi pada anda, seperti di karenakan sistem kekebalan tubuh yang rendah dan sebagainya.

 

Cara Mencegah Kanker Serviks.

Kanker Serviks bisa di cegah sedini mungkin, dengan menghindari beberapa hal yang bisa menyebab kan kanker serviks. Ada pun cara-cara untuk pencegahan kanker serviks adalah sebagai berikut

  • Setia terhadap pasangan anda dan tidak berganti-ganti pasangan.
  • Gunakan alat pelindung saat melakukan hubungan int*im
  • Hindarilah penggunaan jarum suntik bekas
  • Seringlah melakukan olahraga secara teratur dan perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran dan perbanyak konsumsi vitamin baik dari susu maupun makanan alami lainnya
  • Hindarilah makan makanan yang mengandung bahan kimia
  • Segera obati luka untuk menghindari terjadinya infeksi pada luka
  • Hindari pergaulan bebas, dan berikanlah pendidikan seks kepada anak, saudara anda sedini mungkin
  • Hindari mengkonsumsi pil KB, jika anda di haruskan untuk mengkonsumsi Pil KB, lakukan lah konsultasi kepada dokter kandungan terlebih dahulu.
  • Hindari hamil di usia dini.

Selain dengan beberapa cara di atas, perbanyaklah pengetahuan anda mengenai kanker serviks, dan cobalah untuk melakuka tes kesehatan dan tes kanker serviks sedini mungkin untuk mencengah kemungkinan terjadinya kanker serviks, dan mulailah untuk konsultasi kesehatan anda sedini mungkin.



Sayangi rahim anda sejak dini, sebab rahim adalah sebuah wadah suci yang di ganakan sebagai perantara untuk melahirkan anak manusia yang masih suci.

 

225 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • ciri ciri tumor rahim
  • foto mulut rahim wanita loc:ID
  • gejala terkena kanker
  • kanker lambung dan gejalanya
  • pencegahan penyakit kanker serviks
  • serviks kanker

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!