Memahami Lebih Jauh Kontraksi Braxton Hicks

Kontraksi palsu atau Braxton Hicks

Kontraksi palsu atau dikenal juga dengan kontraksi braxton hicks merupakan kontraksi yang terjadi pada rahim sporadic yang memang umum terjadi di usia kehamilan trimester kedua atau bahkan trimester ketiga. Kontraksi braxton hicks memang umum terjadi pada ibu hamil, namun tidak semua ibu hamil yang bisa mengalami kontraksi braxton hicks ini.

Kontraksi braxton hicks adalah kontraksi rahim yang memang terjadi sangat tidak beraturan, akan tetapi bisa di rasakan oleh ibu hamil ketika menjelang kelahiran bay ipertama. Kontraksi jenis ini terkadang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman serta intens. Namun biasanya juga jenis kontraksi ini tidak menimbulkan rasa nyeri yang berlebihan.

Beberapa diantaranya ada juga ibu hamil yang mengalami kontraksi kehamilan yang memang bersifat palsu, biasanya kontraksi jenis ini dialami ketika usia kehamilan memasuki trimester 2.

Sebagian ibu hamil mengalami kontraksi palsu pada kehamilan trimester akhir. Braxton Hicks ini juga biasanya tidak akan menimbulkan sakit seperti kontraksi yang sesungguhnya, namun lebih menyerupai keram di bagian perut.

Nah, di bawah ini ada beberapa ciri dari kontraksi Braxton Hicks yang harus Anda pahami, agar Anda bisa membedakannya dengan mudah antara kontraksi yang palsu dengan kontraksi yang asli. yaitu sebagai berikut:



  1. Frekuensi kontraksi yang terjadi tidak beraturan, terkadang muncul lalu setelah itu hilang. Namun munculnya kontraksi ini dalam tenggang waktu yang berbeda-beda.
  2. Kontraksi jenis ini tidak menimbulkan rasa nyeri
  3. Rasa mulas yang muncul sangat stabil, tidak bertambah kuat atau bahkan tidak berkurang dari perasaan nyeri sebelumnya.
  4. Rasa nyeri akan terjadi hanya pada bagian perut bawah, bukan di bagian atas perut.
  5. Nukan hanya itu, terkadang rasa mulas juga terasa di bagian lipatan paha, namun tidak akan merambat sampai ke bagian pinggang seperti pada kontraksi yang asli.
  6. Kontraksi ini akan berkurang jika ibu hamil berjalan kaki di sekitar rumah.


Nah, itulah beberapa ciri dari kontraksi palsu atau kontraksi braxton hicks. Ketika Anda mengalami kontraksi ini, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Ketika terjadinya kontraksi palsu, maka sebaiknya Anda mengubah aktivitas atau bahkan posisi Anda. Terkadang, berjalan sedikit saja bisa memberikan Anda sedikit perasaan yang nyaman serta bisa mengurangi sedikit rasa nyeri yang Anda rasakan.
  2. Anda bisa melakukan check-up secara rutin, hal ini bertujuan untuk mengenali perkembangan janin yang sesungguhnya, sehingga ibu hamil bisa dengan jelas mengetahui kapan seharusnya Anda mendapatkan kontraksi yang asli.
  1. Ketika mengalami kondisi ini, maka ibu hamil bisa mandi dengan menggunakan air hangat guna membantu tubuh agar lebih rileks.
  2. Bukan hanya itu, bumil juga bisa meminum beberapa gelas air. Mengapa? Karena bentuk kontraksi ini terkadang bisa juga disebabkan oleh terjadinya dehidrasi yang di alami oleh ibu hamil.

351 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • macam macam keluhan broxton hiks
  • bumil kontraksi
  • ciri braxton hicks

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!