Mengetahui Berat Badan Ideal Bayi Sesuai Dengan Tahapan Usia


Setiap bayi yang terlahir tentunya memiliki berat badan yang berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi berat badan bayi selama di dalam kandungan. Salah satunya yaitu faktor makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Setiap makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan psikis janin yang ada di dalam kandungan.

berat badan bayi yang ideal

Pakar kesehatan menganjurkan ibu hamil untuk senantiasa menjaga asupan makanan yang bergizi selama menjalani proses kehamilan untuk menunjang perkembangan dan menjaga berat badan ideal bayi ketika dilahirkan.

Baca juga cara menghitung berat badan / imt ibu hamil.

Setiap bayi yang terlahir tentunya memiliki berat badan yang berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi berat badan bayi selama di dalam kandungan. Salah satunya yaitu faktor makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Setiap makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan psikis janin yang ada di dalam kandungan. Pakar kesehatan menganjurkan ibu hamil untuk senantiasa menjaga asupan makanan yang bergizi selama menjalani proses kehamilan untuk menunjang perkembangan dan menjaga berat badan ideal bayi ketika dilahirkan.

Setiap daerah memiliki standarisasi yang berbeda-beda mengenai berat bayi ideal. Hal ini karena setiap daerah memiliki ukuran badan yang tidak sama. Salah satu contohnya yaitu penduduk benua asia memiliki ukuran badan yang lebih kecil bila dibandingkan dengan penduduk asli benua eropa. Oleh karena itu berat ideal bayi setiap daerah memiliki perbedaan dan berpedoman dengan ketentuan yang berlaku.

berat badan bayi ideal di luar negeri

Namun perlu Anda ketahui bahwa rata-rata berat badan ideal bayi pada waktu dilahirkan yaitu 2,5 atau 3 kg. Sebulan pertama setelah dilahirkan, bayi akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sehingga berat badannya akan meningkat sekitar 3,7 kg dan bahkan sampai 4 kg. Dalam hal ini untuk memantau berat bayi normal setiap bulan, maka sebaiknya Anda mengikuti program posyandu untuk melihat perkembangan si kecil dalam setiap tahapannya.



Kenaikan Berat Badan Bayi Normal

Berat badan Bayi ideal

Berat bayi normal tidak hanya sebatas ketika pertama kali lahir, namun yang terpenting adalah bagaimana perkembangan dan kenaikan berat badan si kecil setelah dilahirkan. Biasanya bayi yang sehat akan mengalami peningkatan berat badan seiring dengan bertambahnya usia. Bayi dikatakan memiliki berat badan normal jika perkembangannya tidak mengalami gangguan sehingga bayi cenderung terlihat montok.

Perhatikan berat badan ideal bayi secara umum berikut ini:

  • Secara umum berat badan bayi pada usia satu bulan yaitu 3,4 – 4,3 kg.
  • Usia dua bulan yaitu 4 – 5 kg.
  • Pada usia tiga bulan bayi dikatakan ideal jika berat badannya berkisar antara 4,6 – 5,7 kg.
  • Bayi 4 – 6 bulan yaitu 6,3 – 7,5 kg dengan tinggi badan sekitar 62 – 66 cm.
  • Usia 7 – 9 bulan sekitar 8 – 8,9 kg dan tingginya sekitar 67 – 70 cm.
  • Ketika menginjak usia 10 – 12 bulan berat ideal sekitar 9,3 – 9,9 kg dan tinggi 72 – 74 cm.

Pada usia 1 sampai 2 bulan, bayi yang normal akan mengalami perkembangan oyang signifikan. Hal ini karena pada usia tersebut bayi mendapatkan nutrisi yang sangat berlimpah dari sang ibu melalui ASI. Berat badan bayi usia 1 sampai 5 bulan dikatakan normal apabila mengalami kenaikan setiap bulan dengan rata-rata kenaikan sekitar 600 sampai 700 gr.

Baca juga Cara mengatasi bayi menangis dengan cara mengenali tangisanya.

Setelah bayi berusia diatas satu tahun maka berat badannya tidak harus dipantau setiap bulan. Anda cukup melihat perkebangan berat badan si kecil setiap tiga bulan. Hal ini karena pada usia tersebut bayi sudah sangat aktif sehingga nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya tidak sepenuhnya menjadi otot atau daging, namun sebagian menjadi energi untuk menunjang aktivitasnya.



Apabila pertumbuhan bayi Anda dibawah garis normal maka sebaiknya berikan asupan makanan yang bergizi setiap hari dengan takaran yang sesuai. Namun jika terjadi kondisi sebaliknya yaitu berat badan diatas normal, maka hendaknya Anda mengontrol makana si kecil dan segera berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari kelebihan berat badan. Disamping itu, Anda juga bisa merangsang si kecil untuk aktif bergerak sehingga tidak terjadi penumpukan lemak sehingga berat bayi normal.

565 kali dilihat, 16 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • berat badan bayi sesuai umut
  • berat badan bayi sesuai usia
  • berat badan ideal badan 7 bulan hamil
  • cara menghitung berat badan ideal bayi sesuai umurnya
  • Mengukur berat badan janin
  • tinggi dan berat badan bayi

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!