Ibu Hamil Ngidam; Serba Serbi dan Cara Mengatasinya

ibu hamil ngidam dan cara mengatasinya

Ngidam; Serba Serbi dan Cara Mengatasinya

Ngidam adalah sebuah keinginan menggebu-nggebu untuk mengkonsumsi jenis  makanan atau minuman tertentu, dan ingin melakukan hal diluar kebiasaan, bahkan diluar kewajaran. Jika pada kehamilan trimester pertama Bunda tiba-tiba ingin menikmati es teler di malam hari, atau ingin makan mangga yang super asam, maka itulah yang disebut Ngidam.

ibu hamil ngidam

Ngidam Dari Sisi Medis/ Kedokteran

Dalam ilmu kedokteran sebenarnya tidak ada istilah Ngidam. Ini hanya pola seorang ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh atau fisik dan juga kebutuhan psikologis untuk mendapatkan perhatian suami.

Ibu hamil yang siap secara psikologis atas kehamilanya, mereka akan melalui masa-masa kehamilan dengan lebih nyaman. Emosinya lebih bisa terkendali dan biasanya akan terhindar dari keinginan “ngidam” yang berlebihan.

Tubuh ibu hamil membutuhkan tambahan zat-zat makanan atau asupan tertentu. Karena itu saat tubuh merasa kekurangan suatu zat tertentu, maka akan direspons dengan keinginan makan atau minum yang bisa dikatakan “tak dapat dikendalikan“. Misalnya jika ibu hamil ingin makan makanan yang super asam rasanya, maka sebenarnya itu adalah cara untuk mengalihkan rasa mual yang sedang menggebu-gebu diawal usia kandungan.


Misalnya ibu hamil ingin makan yang segar-segar seperti es, maka sebenarnya tubuh sedang mengalami kenaikan suhu tubuh, sehingga perlu pendinginan.  Karena memang suhu basal tubuh ibu hamil akan naik selama proses kehamilan, apalagi jika perut telah membesar dengan berat badan yang terus naik.

Ngidam Secara Psikologis

Ngidam secara psikologis biasanya terjadi karena ibu hamil merasa kurang perhatian dari suami. Menurut ahli psikologi, ada beban psikologis yang dialami oleh setiap ibu hamil, terutama untuk kehamilan pertama. Baca juga cara mengatasi mual pada saat hamil.

Selain itu, banyak sekali hormon-hormon yang meningkat dan menurun selama masa kehamilan yang menyebabkan ketidakstabilan emosional ibu hamil.

Dalam kondisi yang tidak stabil tersebut, seorang ibu hamil akan tetap menginginkan janinnya tumbuh dengan baik tanpa kekurangan zat-zat tertentu. Nah, akhirnya perasaan ini keluar melalui ngidam.

Biasanya para suami juga maklum dengan ngidam-nya istri. Banyak suami yang rela mencarikan keinginan ngidam sang istri walaupun mereka harus berburu waktu dan menempuh perjalanan yang cukup jauh, untuk mendapatkan makanan atau sesuatu yang diminta istri. Mereka juga rupanya cukup puas jika berhasil mendapatkan apa yang diminta istrinya. Begitu juga sang istri, sangat senang dan merasa sangat diperhatikan oleh suaminya.

Ngidam Fisik

Ngidam fisik atau ngidam psikis sebenarnya berjalan berkesinambungan dan tidak bisa dipisahkan. Dalam arti, jika seorang ibu hamil menginginkan suatu makanan tertentu, ada 2 hal yang terjadi.

Pertama, memang dalam tubuhnya terjadi defisiensi (kekurangan) suatu zat atau nutrisi tertentu, dan yang kedua, meminta perhatian lebih dari suami.

Namun itu bukan berarti ngidam dipakai sebagai upaya untuk menguji suami. Bahkan sebaiknya jika keinginan- keinginan Bunda yang sekiranya terlalu berat dilakukan oleh suami Bunda, gantilah dengan alternatif lain yang lebih ringan.

Tips Mengatasi Ngidam

Bunda bisa mencoba tip menyiasati ngidam di bawah ini;

1. Banyaklah Membaca dan Mencari Informasi Tentang Kehamilan.

ibu hamil ngidam dan cara mengatasinya



Kita bisa mengumpulkan semua informasi tentang nutrisi yang dibutuhkan selama proses kehamilan. Memenuhi kebutuhan tubuh pada garam-garaman, protein, mineral, dan zat gizi lain akan menghindarkan kita dari kekurangan nutrisi. Sehingga keinginan untuk makan makanan diwaktu yang tidak tepat dapat dihindari.

2. Makanlah Sedikit-sedikit Tetapi Sering.

ngidam dan mengatasi

Selalu mengusahakan agar perut tidak kosong. Selalu sediakan buah-buahan yang manis ataupun segar (sedikit asam) untuk mengurangi rasa mual yang menyerang di trimester pertama. Bahkan, buah adalah menu wajib ibu hamil setiap hari. Bawalah kemana pun Bunda pergi.

3. Perbanyaklah Minum Air Putih (air mineral).

ngidam; cukupi kebutuhan air putih

Air mineral sangat penting untuk mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh, dan memperlancar metabolisme tubuh. Selama hamil, tubuh membutuhkan suplai air lebih banyak daripada kondisi saat tidak hamil.

4. Hindari Sumber Bau Pemicu Mual.

ibu hamil ngidam dan cara mengatasinya

Yang perlu Bunda hindari adalah apa saja yang berbau tidak enak menurut Bunda (termasuk makanan), karena dapat memancing mual. Jika sulit untuk menghindarinya, simpanlah ekstrak atau buah melon, dan setiap kali ada hau yang tidak enak datang, Bunda bisa mengendusnya untuk mengurangi rasa mual. Kalau proses memasak membuat Bunda semakin mual, Bunda bisa meminta tolong orang lain agar memasak untuk Bunda, dan usahakan agar aromanya tidak terperangkap di dalam rumah. Bunda juga bisa memilih untuk membeli makanan jadi.

5. Alihkan Pikiran Hanya Untuk Berpikir Hal-hal yang Positif.

Memikirkan hal positif bukan hanya membantu Bunda menikmati proses kehamilan, tetapi juga sangat membuat pertumbuhan dan perkembangan janin menjadi lebih baik. Jika Bunda tidak bekerja, buatlah agenda kegiatan yang menyenangkan bagi Bunda sehingga membuat perasaan Bunda Bunda bahagia. Kegiatan-kegiatan tersebut akan membantu mengalihkan perhatian Bunda ke hal-hal positif yang Bunda lakukan, bukan pada kehamilan dan rasa tak nyaman yang Bunda rasakan.

5. Istirahat.

tips mengatasi ibu hamil ngidam

Jangan menunggu rasa lelah membuat Bunda payah. Perbanyaklah istirahat selama kondisi memungkinkan. Saat beristirahat berarti otot-otot tubuh dan pikiran Bunda juga beristirahat. Sehingga kondisi psikis akan menjadi jauh lebih baik. Baca juga posisi tidur ibu hamil yang baik.

5. Komunikasikan dengan baik apa yang Bunda pikirkan dan Rasakan kepada suami atau keluarga Bunda.

Jangan sungkan untuk berbagi, agar apa yang menjadi beban pikiran Bunda bisa tersampaikan dan barangkali Bunda akan mendapat solusi untuk hal tersebut.

Satu hal yang paling penting adalah, mantapkan diri dan pikiran Bunda untuk menjalani kehamilan dengan ikhlas dan sebaik-baiknya. Jika rasa tak nyaman datang, berbaringlah. usaplah perut Bunda. Berpikirlah bahwa kehamilan Bunda adalah sebuah anugerah, dan Bunda sangat bersyukur atas kehamilan itu.



Kemudian. bicaralah kepada buah hati Bunda yang masih berada di dalam kandungan. Katakanlah bahwa Bundamencintainya, Bunda menyayanginya, dan Bunda menantinya hadir ke dunia.

 

812 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • mengatasi ngidam
  • mengatasi ngidam payag
  • cara menahan rasa ngidam
  • cara mengatasi ngidam
  • ibu ngidam
  • mitos agar nyidam teler cepat selese
  • ngidam fisik
  • orang hamil ngidam apa

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!