Obat Diare Alami Untuk Ibu Hamil

manfaat daun pepaya, mengatasi wasir pada ibu hamil

Diare sering dialami oleh ibu hamil. Ibu yang sedang hamil memang rentan mengalami masalah pencernaan, termasuk diare. Informasi mengenai obat diare untuk ibu hamil sangat penting diketahui ibu hamil. Baca juga cara mengatasi wasir pada ibu hamil.

Ibu yang sedang hamil otomatis mempunyai kondisi hormon yang berbeda dibandingkan saat belum hamil. Kondisi hormon ini bisa berpengaruh terhadap sistem pencernaan. Oleh karena itu Bunda mudah diare. Namun ada beberapa penyebab lain yang menjadi faktor penyebab diare pada ibu yang sedang hamil.

Penyebab Diare dan Obat Diare Untuk Ibu Hamil

diare ibu hamil

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa pengaruh perubahan hormon dapat menyebabkan terganggunya sistem pencernaan. Oleh karena itu, ibu hamil mudah mengalami diare. Namun ada penyebab-penyebab lain yang mungkin terjadi pada Bunda. Sebelum mengetahui obat diare untuk ibu hamil, mari kita simak faktor penyebab diare pada ibu hamil.

1. Peningkatan Hormon

Hormon yang meningkat saat hamil adalah HCG. Hormon ini akan meningkat pada awal kehamilan. Efek dari obat ini berbeda-beda, ada yang menimbulkan morning sickness dan ada yang mengalam ngidam. Untuk efek yang lebih besar biasanya adalah mual. Bahkan ada yang sampai muntah-muntah sampai diare.

2. Gangguan Pencernaan

Wasir Pada Ibu hamil

Pada dasarnya ketika hamil ada banyak hal yang membuat ibu hamil menjadi sensitif. Mulai dari sistem pencernaan, kulit, dan emosi. Tidak jarang kita melihat ibu hamil yang mudah emosi. Nah, sama halnya dengan pencernaan. Ada beberapa makanan yang ternyata sensitif bagi ibu hamil.

Jenis makanaan tersebut berbeda antara orang yang satu dengan orang yang lain. Jadi, masing-masing ibu harus memahami makanan apa yang cocok dikonsumsi saat hamil dan yang tidak cocok. Jika pencernaan atau lambung sensitif tandanya bisa diare, perut kembung, banyak mengeluarkan gas, dan lain sebagainya. Baca juga: Mengatasi gangguan pencernaan pada ibu hamil.

3. Intoleransi Susu Pada Ibu Hamil

susu bagi ibu hamil

Jika sedang hamil, Bunda disarankan untuk meminum susu khusus ibu hamil. Susu ibu hamil mengandung laktosa dan berbagai zat yang bermanfaat untuk kehamilan. Selain membuat Bunda sehat dan gizi terpenuhi, juga akan membuat janin semakin sehat sampai ketika lahir nanti.

Namun tidak semua ibu hamil dapat menoleransi kandungan laktosa yang ada pada susu dengan baik. Akibatnya adalah ibu hamil menjadi mual, muntah, dan diare. Makanya kita sering menjumpai ibu hamil yang cocok dengan susu tertentu, tidak sama antara ibu yang satu dengan yang lain. Karena memang minum susu tergantung mana yang cocok dengan kondisi tubuh.

 

4. Keracunan Makanan

Keracunan makanan di sini tidak harus berupa racun yang berbahaya. Namun yang dimaksud bisa jadi karena makanan yang dikonsumsi tidak bersih maupun tidak sehat. Terkadang ibu hamil juga mempunyai alergi terhadap makanan tertentu. Sehingga makanan-makanan ini harus dihindari agar tidak menimbulkan diare maupun masalah pencernaan yang lain.

5. Terkena Bakteri Maupun Virus

Bakteri dan virus sangat mudah menempel pada ibu hamil. Hal ini karena kondisi tubuh ibu hamil yang rentan. Hormon sedang tidak seimbang serta kekebalan tubuh mudah menurun. Bakteri dan virus bisa berasal dari lingkungan sekitar, misalnya makanan. Oleh karena itu diharapkan selalu menjaga kesehatan, menjaga kebersihan makanan, dan kebersihan lingkungan.

6. Konsumsi Vitamin dan Obat Dokter

Ada kondisi-kondisi tertentu yang dialami oleh Bunda selama kehamilan yang menyebabkan Bunda harus minum obat. Misalnya untuk mengurangi mual. Bunda juga terkadang disarankan untuk meminum vitamin agar kebutuhan vitamin terpenuhi baik untuk Bunda sendiri dan untuk  janin. Tetapi tidak jarang obat dan vitamin menyebabkan diare.

Obat Diare Untuk Ibu Hamil dan Langkah Pencegahan Diare

Ada beberapa langkah untuk mencegah dan menghentikan diare pada ibu hamil. Langkah ini secara tidak langsung menjadi suatu obat diare untuk ibu hamil.Diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Hentikan Minum Susu

Susu hamil yang dikonsumsi Bunda terkadang membuat alergi sehingga menimbulkan mual bahkan diare. Oleh karena itu cara termudahnya adalah menghentikan minum susu terlebih dahulu. Kemudian Bunda bisa berkonsulatasi dengan dokter mengenai apakah akan minum susu lagi dan lihat kondisinya apakah memungkinkan. Jika memang tidak cocok minum  susu, bisa meminum air putih saja yang cukup diimbangi dengan makanan sehat dan bernutrisi.



2. Menghindari Makanan Pedas

Sebagai salah satu langkah dan obat diare untuk ibu hamil, Bunda disarankan untuk tidak banyak mengkonsumsi makanan yang pedas. Selain tidak baik untuk kesehatan pencernaan juga tidak baik untuk perkembangan janin. Makan makanan yang pedas terlalu banyak juga bisa menimbulkan diare. Jadi sebaiknya menghindari makanan pedas.

3. Menghindari Gorengan

Bahaya gorengan bagi ibu hamil

Gorengan mengandung minyak yang banyak dan lemak. Keduanya membuat sistem pencernaan menjadi berat kemudian menjadi bermasalah. Salah satu masalah yang ditimbulkan yaitu diare. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari makanan gorengan. Justru yang disarankan adalah makanan yang direbus atau dikukus saja.

4. Menghindari Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Hindari pemanis buatan saat hamil

Sebagai cara tidak langsung obat diare untuk ibu hamil, Bunda tidak boleh terlalu banyak makan makanan yang manis-manis karena untuk menghindari diabetes. Hal pentigng yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung pemanis buatan. Selain tidak sehat, makanan ini pun bisa menyebabkan diare. Pemanis buatan sangat tidak baik untuk tubuh, apalagi untuk Bunda dan bayi dalam kandungan. Baca juga: Bahaya pemanis buatan bagi ibu hamil.

Obat Diare Untuk Ibu Hamil yang Alami

Ada beberapa cara alami yang bisa digunakan sebagaiobat diare untuk ibu hamil. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengobati secara alami ini mudah didapatkan di lingkungan sekitar. Cara alami tentunya akan lebih sehat dan aman. Berikut ini merupakan cara mengobatinya secara alami.

1. Meminum Air Putih

ibu hamil mengkonsumsi kepiting

Air putih merupakan obat alami untuk segala penyakit. Air putih masih murni tanpa campuran bahan minuman lainnya sehingga sangat baik untuk siapapun termausk sebagai obat diare untuk ibu hamil. Pastikan bahwa Bunda sudah merebus air putih sampai mendidih agar bakteri dan virus mati. Ketika hamil akan ada banyak cairan yang keluar dari tubuh, bisa melalui urin maupun keringat. Oleh karena itu sebagai pengganti cairan sebaiknya mengonsumsi air putih dengan cukup.

2. Minum Air Hangat Dicampur Madu

Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Air hangat sendiri sudah sangat baik untuk tubuh. Apalagi ditambah dengan madu. Selain untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, minum air hangat dan madu juga bisa menjadi obat diare untuk ibu hamil. Baca juga manfaat madu bagi ibu hamil.

3. Minum Air Jahe Hangat

jahe

Air jahe akan memberikan efek segar untuk tubuh. Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan merebus jahe yang sudah dimemarkan dengan air. Jahe juga bisa diiris terlebih dahulu sesuai selera. Jangan lupa sebelum direbus jahe harus sudah dibersihkan terlebih dahulu. Baca Juga: Bahaya tolak angin bagi ibu hamil.

4. Makan Sup Kaldu Ayam

Sup ayam kampung mengandung magnesium dan seng (zinc). Apabila mengalami diare, Bunda bisa membuat sup di rumah namun tanpa menggunakan MSG. Garam yang dicampurkan pada sup juga jangan terlalu banyak. Karena sup ini berlaku sebagai obat diare untuk ibu hamil.



Demikianlah informasi penting yang dapat disampaikan tentang obat diare untuk ibu hamil secara alami. Bunda bisa membuatnya dengan mudah di rumah dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur. Jika diare masih belum sembuh, Bunda bisa menghubungi dokter agar bisa diberikan resep obat khusus diare.

2,343 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • obat diare untuk ibu hamil
  • obat diare ibu hamil
  • obat diare alami untuk ibu hamil
  • obat mencret untuk ibu hamil
  • obat tradisional diare untuk ibu hamil
  • Obat mencret ibu
  • obat diare yang aman untuk ibu hamil
  • obat herbal diare untuk ibu hamil
  • Obat diare alami
  • obat diare untuk

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!