Penyebab Mimisan Pada Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Penyebab Mimisan pada ibu hamil

Kondisi ibu hamil rentan terhadap berbagai permasalahan mengenai kesehatan. Mulai dari mual, muntah, sampai mimisan. Keadaan mual dan muntah mungkin menjadi hal yang biasa dialami oleh ibu hamil dan sudah banyak pembahasan mengenai hal itu. Namun bagaimana kalau mimisan? Apa yang menjadi penyebab mimisan pada ibu hamil? Mimisan bisa terjadi kepada ibu hamil karena sebab yang berbeda-beda. Mimisan terjadi karena adanya tekanan pada pembuluh darah kemudian pembuluh darah menjadi pecah dan terjadilah mimisan.

Penyebab Mimisan Pada Ibu Hamil yang Sering Terjadi


Apabila mimisan terjadi satu kali saat hamil itu adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Mimisan tersebut sebagai reaksi karena ibu hamil berada pada kondisi yang baru dimana hormon-hormon menjadi berubah. Namun jika mimisan datang berkali-kali ada penyebab khusus yang harus dianalisis. Setelah itu baru dicari bagaimana cara menghindari penyebabnya. Penyebab mimisan pada ibu hamilsecara umum dapat digolongkan seperti berikut ini.

  1. Meningkatnya Hormon Progesteron

Penyebab Mimisan pada ibu hamil

Hormon progesteron pada ibu hamil meningkat cukup drastis. Hormon inilah yang menjaga kehamilan Bunda agar selalu sehat. Hormon ini diproduksi oleh tubuh secara alami untuk melindungi Bunda dan calon bayi selama 9 bulan. Namun hormon progesteron juga menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah, termasuk di bagian hidung. Oleh karena itu menjadi salah satu penyebab mimisan pada ibu hamil

  1. Kekurangan Vitamin C

Saat Bunda mengandung, itu artinya Bunda sedang menjalani hidup bersama dua nyawa, yaitu nyawa Bunda sendiri dan nyawa calon bayi. Oleh karena itu banyak perubahan menimpa ibu hamil. Mulai dari kondisi hormon yang berubah-ubah dan berbeda, kondisi emosi yang kurang stabil, penyesuaian dengan makanan, dan lain sebagainya. Kondisi yang seperti ini mengharuskan Bunda untuk beradaptasi terhadap segala perubahan yang terjadi. Sehingga kekebalan tubuh harus dijaga dengan baik. Nah kekebalan tubuh yang menurun biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin C. Jika kurang vitamin C maka akan mudah terjadi iritasi, misalnya iritasi pada hidung.

Baca juga Vitamin Untuk Ibu Hamil

  1. Penyakit Tertentu

Penyebab mimisan pada ibu hamilberikutnya yaitu karena gangguan penyakit. Terdapat beberapa penyakit yang bisa menyebabkan gangguan lain. Misalnya penyakit hati, ginjal, jantung, dan tumor di hidung dapat menjadikan pendarahan. Penyakit hati menyebabkan tubuh kekurangan protein untuk pembekuan darah. Penyakit jantung dan tumor hidung menyebabkan pendarahan yang terjadi di hidung.

  1. Kondisi Stress

Perubahan hormon yang drastis membuat emosi Bunda sering naik turun dengan drastis pula. Bunda mudah merasa tertekan karena hal-hal kecil. Pikiran yang lelah dan tekanan sering membuat stress sehingga menyebabkan bbeberapa masalah lebih lanjut. Salah satunya adalah menyebabkan stress.

  1. Alergi

Ibu hamil yang memiliki alergi juga rawan mimisan. Misalnya alergi dingin. Ketika berada di tempat yang dingin, hidung menjadi kering. Nah, hidung kering ini rawan terjadi mimisan. Begitu juga sebaliknya, pada kondisi yang terlalu panas juga dapat menjadipenyebab mimisan pada ibu hamilkarena iritasi selaput di hidung.

  1. Tekanan Darah Yang Tinggi

Anemia Ibu Hamil

Bunda yang sebelumnya sudah pernah mengalami tekanan darah tinggi harus waspada ketika hamil. Bunda yang belum pernah pun tetap harus waspada. Karena tekanan darah tinggi bisa disebabkan karena faktor lingkungan, makanan, aktivitas, dan keturunan. Ketika tekanan darah naik dan belum dapat dikontrol maka bisa menimbulkan pecahnya pembuluh darah. Akibat lebih lanjut adalah mengalami pendarahan dan mimisan. Penting bagi Bunda untuk selalu menjaga tekanan darah, menerapkan pola hidup yang sehat, dan olahraga khusus ibu hamil.

  1. Disebabkan Karena Bahan Kimia

Fit dan Bugar saat Hamil



Bahan kimia yang dimaksud di sini adalah seperti paparan asap rokok, asap kendaraan, dan bahan kimia lainnya. Bahan kimia yang terhirup dapat menjadi gangguan pada hidung dan saluran pernafasan. Kemudian akan membuatnya menjadi iritasi dan rawan mimisan.

  1. Disebabkan karena Obat Pengencer Darah

Penggunaan Antibiotik Buat Ibu Hamil

Ada beberapa obat yang dapat mengencerkan darah seperti ibuprofen. Jika sedang mengonsumsi obat ini maka darah tidak mudah membeku. Apabila terkena luka maka pembuluh darah sangat sensitif sehingga mudah mengalami mimisan.

Berbahayakah Mimisan Pada Ibu Hamil? Cara Menghindarinya

Penyebab Ibu Hamil mimisan

Setelah memahami penyebab mimisan pada ibu hamil, maka langkah selanjutnya adalah menghindari mimisan. Cara menghindari mimisan diharapkan dapat menjadi pencegahan agar Bunda tidak mengalami mimisan selama kehamilan. Jika pernah mengalami satu kali, diharapkan tidak akan terulang lagi. Cara menghindarinya yaitu sebagai berikut.

  1. Minum Air Putih Yang Cukup

Meminum air putih dengan cukup tidak hanya sebagai cara menghindari mimisan saja, namun juga untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Apalagi ibu hamil akan banyak mengeluarkan cairan melalui keringat dan urin.

  1. Bernafas Dengan Halus

Ketika Bunda mempunyai alergi saluran pernafasan, misalnya alergi dingin, cobalah untuk berlatih bernafas dengan halus dan lembut. Bernafas pelan-pelan saja namun panjang.

  1. Menjauhi Udara Terlalu Dingin dan Terlalu Panas

Udara yang dingin dan panas menjadi salah satu penyebab mimisan pada ibu hamil. Sehingga Bunda perlu menjaga udara di sekitar tetap lembab, jangan terlalu dingin dan panas.

  1. Mengkonsumsi Buah-Buahan Dengan Cukup

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dan mineral sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Vitamin C sangat berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, kebutuhan vitamin C harus dipenuhi. Akan lebih baik jika Bunda mengonsumsi buah secara alami.

Apabila Bunda sering terkena AC, maka jangan menggunakannya terlalu berlebihan karena dapat menjadi penyebab mimisan pada ibu hamil. AC digunakan untuk membuat udara menjadi lebih sejuk. Itu adalah hal baik agar Bunda tidak merasa kepanasan, Namun, gunakanlah secukupnya dan sewajarnya saja jangan sampai Bunda merasa kedinginan. Baca Juga: Buah-buahan untuk ibu hamil

Cara Lain Mengatasinya Mimisan Pada Ibu Hamil

Mengatasi penyebab ibu hamil mimisan

Mimisan bisa terjadi begitu saja tanpa Bunda perkirakan sebelumnya dengan salah satu penyebab mimisan pada ibu hamil. Jadi, ketika mimisan terjadi pada Bunda ada beberapa hal yang harus dilakukan dengan segera. Bunda harus duduk tenang dengan mengarahkan kepada menghadap ke depan. Tekanlah cuping hidung Bunda dengan waktu sekitar 7 menit dan bernafaslah melalui mulut. Bunda tidak diperbolehkan untuk berbaring terlebih dahulu. Tetap pada posisi seperti itu dan kepala jangan menghadap ke atas. Jika Bunda menghadap ke atas akibatnya darah bisa tertelan.



Untuk menekan cuping hidung boleh lebih lama jika pada waktu 7 menit darah masih keluar. Jika pendarahan masih belum berhenti, Bunda bisa mengompres dengan es. Pembuluh darah yang pecah akan mengerut jika dikompres dengan es. Setelah mengatasi mimisan, Bunda jangan melakukan kegiatan yang berat terlebih dahulu sampai 1 hari. Apabila dalam waktu lebih dari 30 menit mimisan belum berhenti, saatnya Bunda pergi ke dokter. Bunda perlu konsultasi dan priksa ke dokter untuk dicari penyebab mimisan pada ibu hamildan diberi pengobatan yang tepat.

523 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • mimisan saat hamil 9 bulan
  • anemia dan mimisan ibu hamil
  • mimisan ada ibu hamil
  • mimisan pada ibu yang baru melahirkan dan menyusui
  • mimisan pada saat hamil sampai menyusui apakah aman
  • penyebab keringat dingin

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!