Tips Pijat Bayi Yang Wajib Bunda Ketahui

Aman Memijit Bayi

Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya untuk bisa bertumbuh dan berkembang dengan sempurna dengan sehat. Pijat bayi adalah salah cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga buah hati kita senantiasa sehat. Meskipun pijat sendiri diketahui memberikan manfaat positif yang sama bagi setiap orang termasuk orang dewasa, namun pijat yang akan dilakukan pada bayi berbeda dengan tujuan yang berbeda juga.

Fungsi utama pijat adalah untuk melancarkan kembali peredaran darah dan juga membuat otot-otot yang tegang kembali rileks, pijat yang dilakukan pada bayi akan sedikit berbeda yaitu untuk menstimulasi saraf-saraf agar nantinya sistem saraf pada bayi dapat bekerja dengan baik.

Apa Saja Manfaat Pijat Bayi?

Manfaat memijit bayi

Sebelum kita melakukan pijat bayi, kita juga harus mengetahui dengan pasti manfaat spesifik dari pijat yang akan kita lakukan pada buah hati kita terutama pada usia dini. Beberapa orang tua mungkin berpikir bahwa pijat yang akan dilakukan pada bayi tidak akan memberikan manfaat dan mungkin saja malah memberikan dampak yang kurang baik bagi bayi terutama karena tubuh bayi yang masih rentan. Baca juga: cara mengatasi bayi sering kaget atau kejang.

Namun ternyata terdapat beberapa manfaat penting dari pijat khusus yang dapat diberikan kepada bayi. Beberapa manfaat yang bisa kita temukan di antaranya adalah:

  1. Membantu si kecil tidur pulas,
  2. Membuat si kecil merasa rileks dan lebih nyaman,
  3. Membuatnya menjadi tidak terlalu sering menangis ( baca juga: mengenali tangisan bayi dari jenis tangisanya),
  4. Membantu meningkatkan sirkulasi darah bayi,
  5. Menambah berat badan bayi,
  6. Memperlancar percernaan,
  7. Membantu agar si kecil berkembang secara optimal baik fish, mental maupun sosial.

Cara Tepat Melakukan Pijat Bayi?

Informasi di atas adalah informasi yang sangat penting mengenai pijat bayi di mana kita harus mengetahui manfaat dari pijat yang akan kita lakukan sehingga kita pun tahu apakah kita harus memberikan pijat atau massage pada buah hati kita.


Dengan beberapa pertimbangan manfaat yang diberikan oleh pijatan yang tepat yang dapat diberikan untuk si kecil, kita pun dapat mencoba memberikannya untuk bisa mendapatkan beberapa manfaat dari pijat. Kita sendiri pun dapat melakukan pijatan sendiri dengan melakukan beberapa gerakan memijat seperti berikut ini. Namun jika kita mungkin masih belum berpengalaman atau kurang yakin, kita juga bisa berkonsultasi lebih lanjut pada dokter anak sebelum memberikan pijatan untuk buah hati kita.

1. Ajak Si Kecil Berkomunikasi

Tips Memijit Bayi

Sebelum kita memulai untuk memijat buah hati kita dengan mengikuti langkah pijat bayi yang pertama ini, ada satu hal yang perlu diingat yaitu agar kita mengajak si kecil untuk mengobrol. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kempuan verbal dari buah hati kita.

2. Mulai Dari Atas atau Wajah

memijit bayi bagian atas

Selain itu hal ini juga bermanfaat untuk mempererat ikatan batin dari sang ibu dengan buah hatinya. Untuk memulai pijatan untuk bayi, kita bisa mulai dari bagian wajah bayi. Kita bisa mulai memijat kening si kecil secara lembut dan bergerak ke arah pelipis lalu dilanjutkan lagi ke arah pipi. Selain itu kita juga bisa menggunakan jari kita secara lembut untuk menarik garis dari arah hidung ke arah pipi buah hati kita.

3. Pijatlah Secara Lembut

pijit bayi



Pada cara pijat bayi yang selanjutnya, kita bisa bergerak ke bagian dada. Seperti pijatan yang kita lakukan bagian wajah dan juga bagian tubuh lainnya, kita harus melakukan pijatan secara lembut dan tidak berlebihan karena tubuh si kecil yang masih sensitif. Untuk pijatan pada bagian dada, kita bisa mulai memijat dengan gerakan ke atas dan dilanjutkan dengan gerakan ke samping lalu kembali ke tengah untuk membentuk hati.

4. Berhati-hati Memijit Bagian Dada

Manfaat memijit bayi

Gerakan selanjutnya untuk pijatan pada bagian dada adalah dengan memberikan pijatan dengan gerakan menyilang dan dimulai dari tengah dada menuju bahu dari bayi. Gerakan ini adalah salah satu gerakan sederhana memijat yang cukup sederhana yang bisa kita lakukan pada dada karena pada bagian dada sendiri terdapat organ-organ yang sangat penting seperti jantung dan juga paru-paru sehingga kita juga perlu berhati-hati dalam memberikan pijatan agar tidak berlebihan. Baca Juga: Deteksi dini anak autisme.

5. Memijit Bagian Perut

cara memijit bayi

Bagian selanjutnya yang juga bisa berikan pijatan adalah pada bagian perut. Untuk cara pijat bayi pada bagian ini, kita harus menghindari bagian di atas ulu hati. Penting untuk menghindari beberapa organ penting dari tubuh si kecil karena dapat mempengaruhi fungsi dari masing-masing organ yang masih sangat sensitif pada bayi. Gerakan pertama yang bisa kita lakukan pada bagian perut bayi adalah gerakan mengeruk yang dilakukan di atas perut bayi. Setelah itu kita bisa mengangkat kedua kaki si kecil dan menekan lutut si kecil. Kita bisa melanjutkan gerakan pijatan  dengan melakukan gerakang melingkar yang kita lakukan bergantian di atas perut mengikuti arah jarum jam.

6. Lengan, Kaki dan Punggung

memijit bayi

Bagian tubuh selanjutnya yang bisa kita pijat adalah pada bagian tangan, kaki, dan juga panggung. Untuk gerakan pijat bayi dapat dimulai dari tangan si kecil terlebih dahulu. Kita bisa membuat gerakan seperti memilin pada tangan bayi yang dimulai dari bahu menuju ke arah pergelangaan tangan dan gerakan ini bisa dilakukan dari arah sebaliknya. Selain itu kita bisa juga memijat bagian telapak tangan dan punggun tangan dengan menekannya.

Untuk bagian kaki, kita juga bisa memberikan pijatan dengan gerakan seperti memilin secara lembut pada kedua kaki bayi. Gerakan memijat bisa kita lakukan dari bagian paha ke bagian pergelangaan kaki dan lanjutkan dengan arah sebaliknya. Selanjutnya kita bisa memijit bagian panggung si kecil dengan terlebih dahulu meletakkan si kecil dalam posisi tengkurap pada bantalan yang lembut. Pijatan yang bisa kita lakukan yaitu dengan gerakan meluncur dari leher ke arah pantat.

7. Hal Penting Lainnya Mengenai Pijat Bayi Yang Harus Kita Ketahui

Sebelum kita melakukan pijat bayi seperti di atas yang tampaknya mudah, kita juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak untuk mengetahui apakah kondisi si kecil cukup sehat dan dapat dilakukan pijat sendiri.

Selain itu kita juga bisa mengikuti salah satu kelas yang akan memberikan informasi lebih banyak dan melatih kita untuk memberikan pijatan yang tepat bagi buah hati kita. Selain itu kita juga harus memperhatikan hal lainnya seperti waktu yang tepat untuk memberikan pijatan bagi bayi yaitu pada saat buah hati kita sedang terjaga. Selain itu juga penting diketahui agar kita memberikan pijatan pada saat kondisi buah hati kita tidak terlalu lapar ataupun terlalu kenyang.

Selain memperhatikan hal-hal di atas, kita juga harus menghindari untuk memberikan pijatan pada buah hati kita pada saat si kecil akan tidur pada siang hari.



Bunda bisa memberikan pijat bayi pada saat sebelum tidur atau setelah mandi. Selain itu kita juga harus benar-benar mengetahui apakah pijatan yang kita berikan pada buah hati kita sudah cukup tepat dan dinikmati oleh si kecil. Jika setelah beberapa saat kita memijat buah hati kita dan si kecil menangis, maka artinya pijatan yang kita berikan sudah cukup dan sudah waktunya untuk menghentikan pijatan yang kita berikan.

 

 

304 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • langkah langkah pemijatan pada bayi yang baik dan tepat
  • memijat bayi
  • pijat bayi
  • pijat hidung
  • titik titik saraf motorik pada anak

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!