Hal-hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Mempersiapkan Sekolah Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

memilih pendidikan untuk anak berkebutan khusus

Anak berkebutuhan khusus memerlukan pola pengasuhan dan perawatan yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Dalam hal ini yang dimaksud dengan anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki keistimewaan yang berbeda dari anak-anak normal lainnya. Salah satu contohnya yaitu anak yang hiperaktif, anak autis dan anak yang memiliki bagian tubuh kurang sempurna. Selain itu, kategori anak berkebutuhan khusus lainnya yaitu tunadaksa, tunarungu, tunawicara, tunanetra dan lain sebagainya.

Dalam membimbing anak yang berkebutuhan khusus membutuhkan kesabaran karena tidak akan semudah mendidik anak yang normal pada umumnya. Selain itu, anak berkebutuhan khusus juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang ekstra. Disamping itu, ketika anak tersebut sudah menginjak usia  sekolah maka Anda harus mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan untuk memilih sekolah.

Beberapa Pertimbangan Dalam Mempersiapkan Sekolah Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

memilih pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus

Lokasi dan Jarak Tempuh Sekolah

Hal pertama yang harus mendapat perhatian dan perlu dipertimbangkan adalah lokasi dan jarak tempuh menuju ke sekolah. Jangan memilih sekolah yang terlalu jauh dari rumah karena bisa membuat  anak kelelahan sehingga memicu stres. Kondisi seperti ini bisa mengakibatkan gangguan perilaku dan tantrum pada anak berkebutuhan khusus. Alangkah lebih baiknya apabila Anda memilih lokasi sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah sehingga anak berkebutuhan khusus lebih nyaman untuk menjalani aktivitas sekolah.



Perhatikan Fasilitas yang Tersedia di Sekolah

Anda sebagai orangtua harus lebih cerdas dalam memilih sekolah untuk anak yang berkebutuhan khusus. Perhatikan semua fasilitas yang tersedia di sekolah tersebut untuk menunjang proses pembelajaran anak Anda. Hal lain yang harus Anda pertimbangkan yaitu kondisi sekolah yang memungkinkan ruang gerak karena anak berkebutuhan khusus membutuhkan ruang gerak yang bebas.

Mengetahui Keunggulan dan Program Pembelajaran

memilih pendidikan untuk anak berkebutan khusus

Sebagaimana tujuan utama dari sekolah adalah untuk melakukan proses pembelajaran. Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk mengirim anak Anda ke sekolah sebaiknya mengetahui terlebih dahulu program pembelajaran dan keunggulan dari sekolah tersebut. Sesuaikan dengan kondisi anak yang memiliki kebutuhan khusus. Hal ini karena anka yeng berkebutuhan khusus memiliki kecepatan yang berbeda dari anak normal pada umumnya.

Tim ahli yang akan Berperan Penting

Banyak pihak yang harus menjadi pertimbangan untuk bekerja sama dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Orang-orang yang memiliki peranan dalam hal ini yaitu psikolog maupun dokter anak. Dalam hal ini pihak sekolah mempunyai peranan untuk bekerja sama dengan semua pihak untuk memberikan pelayanan sesuai dengan kemampuan anak berkebutuhan khusus.



Demikian hal-hal yang harus menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih instansi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Bagi Anda yang memiliki anak yang berkebutuhan khusus sebaiknya memberikan perhatian yang ekstra karena perhatian orangtua dapat meminimalisir pengaruh buruk. Selain itu, Anda juga dituntut untuk memberikan stimulasi positif dalam menunjang perkembangan anak dan membantu anak untuk beradaptasi dengan lingkungan luar.

292 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • faktoryang harus dipertimbangkan ketika memilih adl untuk anak autis
  • lagi hamil sambil merawat ank abk

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!