Sudah Lengkapkah Persiapan Menjelang Persalinan Anda?

Persiapan Melahirkan Barang Yang Harus Dibawa

Persiapan Melahirkan Yang Wajib Dilakukan

daftar nama bayi laki-laki

Secara medis, bayi normal dilahirkan saat usia kehamilan memasuki 9 bulan. Pada beberapa kasus, persiapan menjelang persalinan dapat terjadi lebih cepat. Jadi, Anda tetap harus mempersiapkan berbagai hal agar tidak melewatkan satu hal pun. Adapun beberapa persiapan yang wajib diketahui oleh para ibu hamil adalah.

1. Memilih Dokter dan Rumah Sakit

Dokter kandungan biasanya sudah dipilih sejak masa awal kehamilan. Hanya saja beberapa wanita seringkali menjajal konsultasi dengan berbagai dokter spesialis kandungan. Tak salah memang, tetapi Anda tetap harus memilih dokter yang akan menangani proses persalinan.

Dengan begini, persiapan melahirkan Anda pun lebih tertata sedari awal. Memilih dokter kandungan yang tepat akan membantu proses persalinan berjalan lancar dan lebih menenangkan.

Pada awal dokter sudah mengetahui kondisi kehamilan Anda. Tentu riwayat penyakit dan lain sebagainya sudah terdeteksi sejak dini. Setelah Anda yakin dengan dokter kandungannya, mulailah cari rumah sakit yang mendukung. Umumnya Anda hanya bisa melahirkan di rumah sakit tempat dokter tersebut praktek.

Hal ini guna mempermudah proses persalinan dan prosedurnya sendiri, juga mempermudah persiapan menjelang persalinan.

Perhitungkan apakah rumah sakit tersebut jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Sebab Anda tak bisa menebak kapan akan terjadinya kontraksi dan persalinan. Sebisa mungkin cari tahu profil rumah sakit sedetail mungkin, termasuk perlengkapan ibu melahirkan apa saja yang disediakan oleh rumah sakit.

Testimoni dari orang-orang sekitar ataupun mereka yang telah melewati proses melahirkan di rumah sakit tersebut akan sangat membantu Anda dan pasangan.

 

2. Perlengkapan Ibu Hamil yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit

persiapan melahirkan

Perlengkapan ibu melahirkan tak melulu mempersiapkan untuk sang ibu saja, tetapi untuk buah hati tercinta. Sebisa mungkin perlengkapan tersebut sudah dalam keadaan bersih dan siap dibawa. Ada baiknya mengemasnya dalam sebuah tas saat usia kandungan sudah memasuki 8 bulan.

Hal ini guna mengantisipasi beberapa hal yang tidak diinginkan, termasuk kontraksi palsu yang sering terjadi. Dalam beberapa kasus, seringkali kepanikan kontraksi membuat kita lupa dengan banyak hal, termasuk mengemas perlengkapan.

Untuk ibu hamil sendiri, Anda cukup membawa pakaian seperlunya. Sebisa mungkin persiapkan pakaian yang nyaman dan mampu menyerap keringat. Usahakan pakaian persiapan melahirkan tersebut memiliki kancing di bagian depan. Ini guna memudahkan Anda saat ingin menyusui buah hati.

Gunakan pula pakaian longgar, entah itu dress atau daster. Pakai pula bra khusus menyusui atau bra yang dirasa nyaman dengan kondisi payudara membengkak.

Pakaian serta dalaman dapat disesuaikan dengan estimasi waktu Anda di rumah sakit. Selain itu, jangan lupa memasukkan dokumen penting dalam tas Anda. Beritahu pula pasangan atau orang terdekat akan dokumen tersebut. Dokumen seputar kehamilan akan sangat membantu saat persiapan menjelang persalinan di rumah sakit. Meskipun Anda sudah terdaftar sebelumnya, pihak rumah sakit biasanya melakukan administrasi untuk memastikan kondisi kesehatan ibu hamil. Guna mempersingkat prosedur tersebut, kelengkapan dokumen sangat mempengaruhi.



Pihak rumah sakit pastinya sudah menyediakan berbagai perlengkapan mandi untuk ibu melahirkan. Hanya saja tak ada salahnya Anda tetap membawa perlengkapan mandi sendiri. Pastinya akan terasa lebih nyaman memakai semua perlengkapan sendiri daripada yang sudah disediakan. Di samping itu, jangan lupa membawa pembalut atau nifas yang wajib ada. Selama masa nifas, Anda akan menghabiskan lebih banyak  pembalut. Sebaiknya hal-hal semacam ini sudah diperhitungkan sejak lama saat mengemas perlengkapan ibu melahirkan.

 

3. Perlengkapan Bayi

Mainan Bayi Berusia 4 bulan

Tak kalah pentingnya dari perlengkapan sang ibu, bayi pun memerlukan pakaian yang nyaman. Mereka pun membutuhkan selimut yang mampu menghangat tubuh. Bayi yang baru dilahirkan memang rentan dengan perubahan suhu, mengingat suhu di dalam rahim ibu yang sangat hangat.

Selain itu, persiapan menjelang persalinan untuk para bayi terdiri dari popok dan sarung untuk tangan dan kaki. Keduanya tidak harus banyak, cukup 3 pcs untuk masing-masing perlengkapan.

Satu hal yang tak boleh dilupakan adalah dokumen kontrol kehamilan. Selama masa kehamilan, dokter tentu saja sudah memberitahu persiapan melahirkan pada Anda.

Beberapa ibu hamil dengan riwayat penyakit tertentu misalnya, ada pantangan yang harus dipatuhi. Kartu pemeriksaan akan sangat membantu dokter mengontrol bayi sejak dalam kandungan sampai persalinan. Meskipun terlihat tidak penting, kartu pemeriksaan rutin ini sebaiknya tetap Anda bawa ke rumah sakit.

 

4. Persiapan Menjelang Persalinan yang Harus Diketahui

Tahapan Persalinan

Setelah membahas perlengkapan wajib menyambut kelahirkan, tak ada salahnya Anda juga mengetahui proses persalinan. Dalam dunia medis, ada beberapa pilihan untuk melahirkan bayi. Melahirkan normal masih menjadi pilihan populer oleh para wanita. Banyak wanita yang menganggap melahirkan normal membuat mereka merasakan menjadi seorang ibu seutuhnya.

Padahal melahirkan jenis apapun tetaplah mempertaruhkan nyawa mereka. Persiapan menjelang persalinan tentu patut memperhitungkan proses persalinan ini, terutama biayanya.

Selain murah, melahirkan normal sendiri jauh lebih nyaman bagi wanita. Pasalnya rasa sakit pasca melahirkan tidak terlalu lama bahkan hilang saat proses tersebut berakhir. Berbeda dengan proses caesar yang membutuhkan waktu pemulihan lebih panjang.

Dalam beberapa kasus, para wanita dibuat was-was dengan jahitan yang dapat terbuka. Umumnya hal tersebut terjadi karena aktifnya ibu mengerjakan pekerjaan rumah-tangga.



Meskipun demikian, persiapan melahirkan caesar tidak serumit melahirkan normal. Biasanya sang ibu dibius total dan terbangun saat buah hati sudah terlahir ke dunia.

258 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!