Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

manfaat susu kedelai bagi ibu hamil

Dalam kondisi hamil, Bunda di sarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi susu, seperti susu sapi, susu kambing. Namun bagaimana dengan susu kedelai? Banyak pro dan kontra mengenai susu kedelai untuk ibu hamil, banyak ibu hamil yang mengkhawatirkan kandungan yang ada didalam susu kedelai tidak aman untuk janin yang ada di dalam kandungannya. Apalagi, banyaknya anggapan susu kedelai dapat membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan, bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Oleh sebab itu, sebagai ibu cerdas, anda harus bisa mencari banyak informasi tentang makanan dan minuman yang menyehatkan untuk ibu hamil dan si bayi yang ada di dalam kandungan. Artikel ini akan memberikan beberapa informasi untuk ibu hamil mengenai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Baca Juga: Manfaat Yoghurt Bagi Ibu Hamil.

Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Seperti yang kita ketahui, bahwa susu kedelai adalah minuman yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai, susu ini biasanya menjadi produksi rumahan yang memang bukan minuman asing bagi masyarakat Indonesia sendiri. Sama halnya seperti susu sapi, susu kedelai juga banyak mengandung banyak manfaat untuk mereka yang mengkonsumsinya.

Namun, sebagai ibu hamil tentunya kekhawatiran sering muncul tentang makanan dan minuman yang akan di konsumsi. Banyak larangan yang sering kali di berikan kepada ibu hamil, guna untuk menjaga kesehatan ibu hamil maupun sang janin yang ada di dalam kandungan, agar bisa melahirkan bayi yang sehat.

Apakah manfaat susu kedelai untuk ibu hamil? Berikut beberapa ulasanya.

 

Apa Saja Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil?

manfaat susu kedelai bagi ibu hamil

Susu kedelai merupakan susu yang banyak mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, maka dari itu susu kedelai sendiri sangat di rekomendasikan untuk di konsumsi ibu hamil. Pada masa kehamilan, gizi dan nutrisi sangatlah di butuhkan untuk tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.

Bahkan nutrisi dan gizi ibu hamil pun harus 2x lipat lebih banyak dari wanita yang tidak hamil, mengingat ia harus berbagi nutrisi kepada sang bayi yang ada didalam kandungannya.

Namun untuk melindungi sang bayi dari resiko yang tidak di inginkan sebaiknya konsumsi susu kedelai di beri batasan, karena susu kedelai sendiri mengandung phytoestrogen yang apa bila di konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan resiko keguguran khususnya dalam tahap kehamilan trimester pertama, sehingga dapat memicu kontraksi yang bisa menyebabkan keguguran karena janin yang ada di dalam kandungan belum merekat sempurna.



Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Susu kedelai memberikan banyak manfaat baik untuk ibu hamil, seperti;

  • Membantu menaikan berat badan pada janin,
  • Mencegah obesitas untuk ibu hamil,
  • Membantu untuk mencegah tekanan darah tinggi,
  • Membantu penyerapan kalsium,
  • Susu kedelai sangat baik untuk kesehatan jantung ibu hamil.

Selain itu manfaat susu kedelai untu ibu hamil lainnya  adalah sebagai berikut :

1. Mencegah Cacat Pada Bayi

Susu kedelai bermanfaat untuk mencegah cacat pada bayi khususnya cacat tabung syaraf yang bisa saja dialami oleh bayi yang baru lahir. Biasanya cacat tabung syaraf pada bayi baru lahir, disebabkan oleh ibu hamil yang kurang mendapatkan asupan asam folat selama masa kehamilannya.

Dengan rajin mengkonsumsi susu kedelai selama masa kehamilan bisa bermanfaat untuk mencegah bayi anda terlahir cacat tabung syaraf, sebab susu kedelai banyak mengandung asam folat, oleh karena itu mengkonsumsi susu kedelai dapat dijadikan solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan asupan asam folat untuk ibu hamil.

Asam folat sendiri mampu memberkan pertumbuhan yang baik untuk sel saraf pada bayi sehingga bisa meningkatkan kecerdasan pada otak bayi yang ada di dalam kandungan.

2. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Dengan susu kedelai dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan lebih baik lagi khusunya pada perkembangan dan pertumbuhan organ vital janin. Sehingga bayi yang ada di dalam kandungan ibu bisa lebih sehat dalam tubuh kembangnya di masa kehamilan. Hal ini di sebab kan karena susu kedelai banyak mengandung protein. Protein sendiri merupakan salah satu asupan nutrisi dan gizi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dimasa kehamilanya.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil selanjutnya ialah untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh pada ibu hamil, seperti yang kita ketahui pada umumnya bahwa ibu hamil sendiri sangat rentan akan beberapa penyakit salah satunya seperti rasa letih dan lesu yang sering dirasakan oleh ibu hamil.

Dengan susu kedelai bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil seperti misalnya kandungan Vitamin A yang bisa menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh ibu hamil agar terhindar dari beberapa penyakit yang mungkin saja bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin yang ada didalam kandungannya.

Vitamin A yang terkandung di dalam susu kedelai berfungsi untuk meningkatkan volume darah yang ada pada ibu hamil sehingga terhindar dari penyakit anemi dan dengan meningkatnya volume darah pada ibu hamil juga bisa membantu pembentukan jaringan tubuh pada janin yang ada di dalam kandungan.

4. Membantu Mencegah Rasa Lelah dan Menambah Energi Untuk Ibu hamil

Susu kedelai bermanfaat untuk menambah energi pada ibu hamil sehingga bisa mencegah atau mengurangi rasa lelah yang dirasakan oleh ibu hamil, seperti yang kita ketahui bahwa susu kedelai sendiri banyak mengandung karbohidrat yang bagus untuk menambah energy pada ibu hamil agar ia tidak mudah merasa lelah. Dimasa kehamilan memang sering kali merasakan lelah yang sangat cepat, hal itu karena energy yang ada pada ibu hamil juga diserap oleh sang bayi yang ada di dalam kandungan itu, maka dari itu sang ibu harus memiliki cadangan energy lebih banyak dari biasanya.

5. Mencegah Pendarahan



Dengan mengkonsumsi susu kedelai saat masa kehamilan juga bisa membantu untuk mencegah pendarahan yang mungkin saja terjadi pasca persalinan, pendarahan sendiri sangat berisko akan masalah keguguran. Namun, kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang ada didalam kandungan susu kedelai dapat membantu sang ibu untuk mencegah pendarahan.

499 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • ibu menyusui minum susu kedelai
  • susu kedelai ibu menyusui loc:ID

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!