Tips Mudah Untuk Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Mengatasi bayi cegukan

Bagi setiap orang tua baru, mungkin masih banyak hal yang perlu kita ketahui terkait dengan permasalahan kesehatan pada bayi termasuk beberapa hal sederhana seperti cegukan pada bayi. Cegukan sendiri adalah salah satu hal yang cukup wajar terjadi pada bayi, namun tidak semua orang tua mengetahui apa penyebab terjadinya cegukan dan apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut.


Tentu saja beberapa informasi berikut ini akan membantu kita agar tidak panik dan tahu kapan saatnya kita harus menghubungi dokter jika terjadi permasalah kesehatan yang akan menyebabkan terjadinya kondisi yang cukup serius dan mengharuskan kita untuk segera menghubungi dokter untuk mengetahui apakah yang sebenarnya terjadi pada buah hati kita.

Mengapa Terjadi Cegukan Pada Bayi?

mengatasi cegukan pada bayi

Beberapa hal yang harus kita ketahui mengenai cegukan pada bayi dimulai dari penyebab terjadinya cegukan pada bayi. Tentu saja penting bagi setiap orang tua untuk mengetahui penyebab terjadinya hal-hal tertentu pada bayi. Untuk itu kita harus mengetahui dengan pasti mengapa suatu hal seperti cegukan terjadi pada bayi. Tentu saja hal ini menjadi salah satu hal penting yang harus kita ketahui mengenai bayi. Salah satu hal umum yang menjadi penyebab terjadinya cegukan adalah karena terlalu banyaknya makanan yang dikonsumsi dan juga banyaknya udara yang masuk.

Beberapa hal tersebut adalah beberapa penyebab utama dan penyebab umum terjadinya cegukan. Untuk lebih mengetahui beberapa penyebab cegukan, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab cegukan yang terjadi pada bayi.

Baca juga: Mengenal Penyebab Bayi Menangis dari Jenis Tangisanya.

Meskipun penyebab utama dari cegukan pada bayi sudah disebutkan sebelumnya bahwa terlalu banyaknya udara yang masuk ke dalam mulut, namun kita harus mengetahui beberapa hal lainnya yang juga menyebabkan terjadinya cegukan secara lebih spesifik. Misalnya saja cegukan yang terjadi pada bayi diakibatkan karena pada saat bayi menyusui, bayi menghisap udara secara berlebihan.

Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan cegukan dan bahkan dapat mengganggu pencernaan pada bayi jika udara yang dihisap pada saat menyusu tersebut masuk ke dalam pencernaan. Untuk mengatasi hal spesifik seperti ini, kita harus berusaha menahan buah hati kita agar tidak tergesa-gesa pada saat menyusui. Selain itu usahakan agar kita segera memposisikan bayi kita dalam posisi yang tegak dalam sandaran di bahu kita sambil menepuk-nepuk punggung dari buah hati kita.

Selain penyebab di atas untuk cegukan pada bayi masih ada beberapa hal lainnya yang sedikit sulit untuk diantisipasi. Sebagai contoh pada saat bayi merasa tegang, cegukan dapat dengan sendirinya terjadi. Pada kasus ini, kita tidak bisa mengantisipasi untuk mencegah bayi pada saat tiba-tiba merasa tegang. Salah satu hal yang bisa kita lakukan hanyalah dengan selalu membuat bayi merasa nyaman pada saat bersama dengan kita.

Baca juga: Manfaat beras meras untuk bayi.

Selain itu, penyebab selanjutnya yang juga hampir sama dengan penyebab di atas adalah karena terlalu banyaknya makanan yang dikonsumsi oleh buah hati kita. Tentu saja hal ini dapat terjadi pada saat kita sudah memberikan MPASI untuk buah hati kita. Untuk itu sebisa mungkin hindarilah memberikan terlalu banyak makanan pada buah hati kita.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Masalah bayi cegukan



Selain mengidentifikasi beberapa penyebab terjadinya cegukan pada bayi seperti di atas, hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengetahui apa saja yang bisa lakukan untuk membantu menghilangkan cegukan yang terjadi pada buah hati kita. Hal pertama yang bis kita lakukan di mana cegukan mungkin terjadi pada kita menyusui buah hati kita adalah dengan memberikan jeda sejenak sebelum kita melanjutkan untuk memberikan susu pada bayi kita. Hal ini bisa kita lakukan untuk menghindari terlalu banyaknya udara yang dihisap oleh bayi pada saat buah hati tergesa-gesa pada saat menyusu.

Kita pun juga bisa memposisikan buah hati kita pada posisi yang sedikit lebih tegak agar buah hati kita bisa mengeluarkan sendawa yang akan menghentikan cegukan.

Masih seputar menghentikan cegukan pada bayi pada saat kita menyusui. Kita juga bisa mencoba hal lainnya seperti mengubah posisi menyusui. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi cegukan karena pada posisi sebelumnya yang kita lakukan mungkin saja membuat buah hati kita menelan lebih banyak udara yang mengakibatkan terjadinya cegukan. Salah satu hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengatasi cegukan tersebut adalah dengan mengubah posisi menyusui.

Selain itu kita juga harus memastikan bahwa posisi menyusui kita sudah benar. Jika posisi menyusui kita belum benar, maka mengubah posisi menyusui pun tidak akan memberikan manfaat bagi bayi kita untuk mengehentikancegukan yang terjadi. Tentu saja hal ini sangat penting untuk diketahui oleh setiap ibu untuk menghindari terjadinya cegukan pada bayi yang dapat mengakibatkan bayi menjadi rewel karena cegukan yang terjadi tidak kunjung selesai.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab cegukan pada bayi adalah karena bayi yang tiba-tiba menjadi tegang. Tentu saja untuk mengatasi ketegangan pada bayi, kita bisa membuat buah hati kita merasa nyaman. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan memeluk buah hati kita dengan lembut.

Cara ini dipercaya menjadi salah satu cara sederhana dan cukup berhasil untuk menghilangkan cegukan yang terjadi pada bayi. Selain memeluk buah hati kita, kita juga bisa memposisikan tubuh mungil bayi kita supaya lebih tegak dan menepuk-nepuknya. Hal ini bisa kita lakukan untuk membuat buah hati kita bersedawa jika hal sebelumnya yang kita lakukan tidak berhasil.

Kondisi Mengkhawatirkan Apa Yang harus Kita Ketahui Mengenai Cegukan Pada Bayi

Mengatasi cegukan pada bayi

Kondisi cegukan pada bayi sebenarnya adalah kondisi yang cukup wajar, namun pada beberapa kasus kondisi tersebut harus kita konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui permasalahan kesehatan yang terjadi dibalik cegukan tersebut. Sebagai contoh, bayi yang mengalami permasalahan seperti refluks asam lambung juga akan mengalami cegukan.

Namun dalam hal ini cegukan yang terjadi akan lebih sering daripada bayi pada umumnya. Untuk mengetahui apakah cegukan tersebut memang disebabkan oleh permasalahan kesehatan tersebut, kita bisa melihat apakah pada saat cegukan buah hati kita juga terlihat batuk dan juga melakukan upaya meludah.

Selain hal di atas, mungkin saja terjadi kondisi cegukan pada bayi di mana cegukan tersebut terjadi berulang kali dan bahkan tidak terkendali. Jika hal tersebut terjadi pada anak yang berusia lebih dari satu tahun, maka kita perlu segera mengkonsultasikannya dengan dokter untuk mengetahui kondisi sebenarnya yang terjadi pada anak kita.

penyebab cegukan pada bayi



Setelah mengetahui beberapa hal di atas mengenai penyebab dan juga cara mengetahui cegukan yang terjadi pada bayi dan juga beberapa kondisi khusus yang perlu kita waspadai jika terjadi cegukan yang tidak seperti biasanya, maka kita pun dapat lebih tenang dalam menghadapi cegukan pada bayi supaya kita dapat melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi cegukan tersebut.

219 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini


Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!