Tips Penting Bagi Ibu Hamil Menghadapi Proses Persalinan

Tips Menghadapi Persalinan

Persalinan menjadi hal yang sangat dinanti oleh keluarga dan ibu hamil sendiri tentunya, sebuah saat yang paling ditunggu namun di sisi lain merupakan hal yang paling mencemaskan terutama bagi bunda yang baru pertama akan melahirkan. Persalinan juga menjadi mendebarkan khususnya bagi calon ibu baru, dimana terbayang proses persalinan yang menyakitkan, mengeluarkan energi yang begitu banyak, dan sebuah perjuangan yang cukup melelahkan.

Ada baiknya para calon ibu mengetahui proses atau tahapan persalinan, sehingga para calon ibu dapat mempersiapkan segala halnya guna menghadapi proses persalinan ini.

Berikut tips penting bagi bunda untuk menghadapi proses persalinan agar semoga persalinannya nanti bisa berjalan normal:

  • Tetaplah Tenang

    Dalam menghadapi proses persalinan, bersikap panik dan histeris hanya akan membuang energi bunda. Cobalan bersikap tenang dengan menarik nafas secara teratur.

  • Jangan Lupa Makan

    Lamanya proses persalinan berbeda untuk setiap orang. Ada yang cepat dan ada juga yang memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kurangnya tenaga, jangan lupa mengisi perut bunda dengan makanan. Hal ini sangat membantu sang calon ibu dalam menjalani proses persalinan.

  • Sempatkan Untuk Tidur

    Ini merupakan cara lain yang dapat dilakukan untuk mengembalikan energi sang calon ibu. Menunggu waktu pembukaan bisa jadi merupakan waktu yang melelahkan. Tidur dapat membantu sang ibu untuk segar kembali.

Tahapan Persalinan

Agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga hingga sampai persalinan nanti, Bunda juga perlu menjaga kesehatan selama kehamilan. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan Bunda pada trimester ketiga kehamilan menjelang proses persalinan.

  1. Selama periode kehamilan bunda makanlah beraneka ragam makanan dalam jumlah yang cukup. Makan makanan yang mengandung gizi yang seimbang, artinya makanan yang dikonsumsi harus dapat memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan.
  2. Untuk mencegah anemia/ kurang darah pada ibu hamil, bunda sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan sumber zat besi, seperti sayuran hijau tua, tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah dan kacang-kacangan lainnya, telur, ikan, dan daging. Kenalilah gejala kurang darah (Anemia) selama kehamilan, yaitu : pucat, pusing, lemah dan penglihatan berkunang-kunang. Bila perlu minum supplement penambah darah 1 kali setiap hari.
  3. Perbanyak juga makanan yang mengandung kalsium untuk mencegah gigi rontok dan tulang rapuh selama kehamilan. Makanan yang banyak mengandung kalsium dapat diperoleh dari makanan seperti : kacang-kacangan, telur, ikan teri/ikan kecil yang dimakan bersama tulangnya, sayuran daun hijau.
  4. Ibu hamil wajib menghindari merokok dan minum-minuman keras karena sangat membahayakan kesehatan ibu dan keselamatan janin tentunya.
  5. Jangan lupa cek kehamilan rutin ke Bidan atau Puskesmas secara teratur, agar kesehatan kandungannya Bunda tetap sehat.

Tips Agar Melahirkan Normal dengan Bayi yang Sehat

Tips Menghadapi Persalinan



Semua ibu pasti menginginkan cara melahirkan dengan proses yang normal dengan bayi yang sehat dan kondisi fisik yang lengkap dan tidak cacat. Untuk itu anda perlu tahu beberapa tips agar melahirkan secara normal dengan bayi yang sehat. Yang pertama adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Hal ini dapat membantu menurunkan resiko bayi lahir dalam keadaan cacat seperti cacat jantung bibir sumbing dan lainnya. Asam folat juga sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang. Makanan yang mengandung asam folat adalah sayuran hijau dan kacang-kacangan. Usahakan untuk selalu mengkonsumsinya setiap hari sebagai persiapan melahirkan dengan normal.



Lalu anda juga perlu menghindari yang namanya rokok. Tak hanya perokok aktif, perokok pasif pun beresiko dapat mengakibatkan kelahiran bayi dengan cacat seperti bibir sumbing atau bahkan hingga kematian. Selama pra melahirkan, vaksinasi juga sangat dibutuhkan untuk membantu melindungi ibu dari resiko terinfeksi kuman atau penyebab cacat lainnya. Dengan vaksinasi juga, ketika ibu melahirkan, si jabang bayi memiliki kemungkinan besar lahir dalam keadaan sehat. Selain rokok, alkohol juga sangat berbahaya bagi kesehatan terutama ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya. Anda juga harus senantiasa hidup dengan sehat dengan cara melindungi diri dari berbagai penyebab infeksi yang bisa membahayakan kehamilan anda dan juga calon bayi anda. Budayakan hidup bersih dan sehat. Dan terakhir, selalu lakukan konsultasi kepada dokter kepercayaan agar perkembangan kondisi kehamilan selalu diketahui dengan baik.

539 kali dilihat, 13 kali dilihat hari ini


Pencarian Terkait :

  • kesehatan proses melahirkan

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!