Tips Untuk Mengatasi Bayi Sering Kentut

Mengatasi Bayi Sering Kentut

Bagi setiap orang tua yang baru saja memiliki buah hati pasti akan selalu mengkhawatirkan kondisi kesehatan buah hati kita terlebih jika bayi kita menghadapi beberapa permasalahan yang mungkin dapat membuat kita panik. Beberapa hal yang sering terjadi pada bayi seperti bayi sering kentut adalah salah satu permasalahan yang sering terjadi terutama pada bayi. Sebagai orang tua masih belum memiliki pengalaman yang cukup mengenai kondisi pada bayi, beberapa informasi berikut ini akan sangat berguna bagi kita. Beberapa hal berikut ini akan membantu kita mengetahui lebih banyak mengenai apa yang menjadi penyebab dari seringnya buah hati kita kentut dan juga hal apa yang harus kita lakukan jika buah hati kita mengalami kentut.

Hal-Hal Apa Saja Yang Menyebabkan Bayi Sering Kentut?

Mengatasi Bayi Sering Kentut

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan bayi sering kentut. Beberapa hal tersebut sebenarnya cukup wajar dan tidak membahayakan bagi buah hati kita. Dengan memiliki pengetahuan lebih banyak mengenai penyebab bayi menjadi kentut lebih sering maka kita sebagai orang tua tidak perlu lagi khawatir jika buah hati kita kentut lebih sering. Salah satu penyebab utama dari kentut adalah banyaknya gas yang masuk ke dalam pencernaan dan mengakibatkan buah hati membuang gas atau kentut lebih sering.

Intensitas kentut yang dianggap cukup normal adalah jika bayi kentut dalam jumlah 3 sampai 4 kali dalam 20 menit. Jika intensitas kentut dari buah hati kita masih dalam tahap tersebut maka sebenarnya masih dalam taraf wajar. Namun kita juga harus tetap menghindari beberapa penyebab yang nantinya dapat mengakibatkan buah hati kita menjadi kentut lebih sering. Berikut adalah beberapa penyebab yang wajib kita ketahui.

Mengatasi Bayi Sering Kentut

Hal pertama yang menjadi penyebab bayi sering kentut adalah dikarenakan adanya gelembung udara yang ditelan oleh bayi ketika bayi menyusu. Hal ini dapat terjadi ketika bayi menyusu tergesa-gesa dan menyebabkan terjadinya penumpukan gas pada perut bayi. Jika hal ini terjadi, maka para ibu harus menjaga supaya buah hati kita tidak menyusu secara tergesa-gesa. Selama bayi menyusu, kemungkinan bayi akan menelan udara akan sangat besar. Untuk itu para ibu wajib menjaga atau memposisikan bayi dalam posisi yang tepat dan nyaman untuk menghindari tertelannya lebih banyak udara ke dalam perut bayi. Selain itu jika kita sudah menggunakan botol susu, maka kita juga harus memperhatikan ukuran dari dot yang kita gunakan untuk buah hati kita. Ukuran dot yang tidak pas juga akan menyebabkan bayi menelan lebih banyak udara selama menyusu menggunakan dot. Baca Juga mengetahui penyebab bayi menangis dari jenis tangisanya.

Selain hal di atas, penyebab bayi sering kentut selanjutnya adalah karena sistem pencernaan dari buah hati kita yang masih belum dapat bekerja secara sempurna. Biasanya bayi dengan usia kurang dari 4 bulan masih belum memiliki sistem pencernaan yang dapat bekerja dengan sempurna. Hal ini akan menyebabkan ASI yang dikonsumsi oleh buah hati kita tidak dapat diserap secara sempurna terutama untuk kandungan laktosa yang ada dalam ASI. Hal ini mengakibatkan penguraian yang terjadi di dalam pencernaan menjadi tidak sempurna yang mengakibatkan laktosa yang tidak berhasil diserap oleh usus halus turun ke usus besar dan mengalami fermentasi yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya gas yang menyebabkan bayi menjadi kentut lebih sering.

Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Untuk Mengatasi Bayi Sering Kentut

Mengatasi Bayi Kentut



Meskipun kentut atau flatulensi bukanlah hal yang berbahaya bagi bayi, namun perut bayi yang mengandung gas akan membuat buah hati kita menjadi tidak nyaman dan seringkali berakhir dengan buah hati kita yang menjadi rewel. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu buah hati kita sehingga buah hati kita akan terus-menerus rewel sampai rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh banyaknya gas yang ada dalam perut keluar.

Baca juga tips seputar asi ibu hamil.

Untuk itu kita sebagai orang tua harus menemukan cara yang tepat untuk membantu buah hati kita mengeluarkan semua gas yang ada dalam perut yang menyebabkan buah hati kita merasa tidak nyaman. Untuk bisa mengatasi hal tersebut, beberapa hal berikut ini adalah beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu buah hati kita mengurangi jumlah gas dalam perut yang sudah mencapai tahap yang membuat buah hati kita merasa tidak nyaman.

Mengatasi Bayi Sering Kentut

Selain beberapa penyebab di atas yang membuat bayi sering kentut, kita juga harus mengetahui beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk setidaknya mencegah intensitas kentut yang lebih sering dari buah hati kita. Beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah dengan membantu buah hati kita untuk bisa bersendawa segera setelah buah hati kita selesai menyusu. Hal ini tentunya akan mencegah lebih banyak udara masuk ke dalam perut.

Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan menepuk-nepuk panggung bayi kita setelah 3-5 menit setelah menyusu. Hal ini akan membuat udara yang masuk keluar dari mulut. Tentu saja hal ini akan sangat membantu bayi untuk menghindari udara yang masuk ke dalam perut dan pada akhirnya harus dikeluarkan lewat lubang anus karena sudah terlanjur masuk ke dalam usus halus atau usus besar.

Selain itu kita juga bisa mengunakanminyatelon untuk membantu mengatasi bayi sering kentut. Minyak telon juga sering  digunakan untuk membantu mengurangi gas yang ada di dalam perut. Yang bisa lakukan adalah dengan memijat perut bayi dengan lembut untuk membantu agar pergerakan udara di dalam saluran pencernaan dapat keluar dengan lancar. Namun kita juga harus memperhatikan pijatan yang kita lakukan karena bayi masih rentan terhadap pijatan yang kita lakukan pada daerah-daerah tertentu. Jika kita salah memijat bagian dari tubuh buah hati kita maka dikhawatirkan malah akan menyebabkan masalah baru yang lainnya.

Perhatikan Kesehatan Bayi Untuk Menghindari Bayi Sering Kentut

Mengatasi Bayi Sering Kentut

Selain beberapa hal di atas, kita juga akan menemukan beberapa hal lainnya yang mungkin menyebabkan bayi sering kentut dalam frekuensi yang tidak wajar. Untuk itu kita harus selalu memperhatikan kesehatan bayi kita agar kita bisa menghindari terjadinya permasalahan kesehatan yang disebabkan oleh kelalaian kita sebagai orang tua. Sebagai orang tua kita juga harus memperhatikan kondisi kesehatan buah hati kita secara lebih teliti lagi.

Hal ini tentu saja akan membantu kita mendeteksi beberapa permasalahan kesehatan secara lebih dini seperti persalahan kesehatan bayi sering kentut yang menjadi salah satu permasalahan sederhana yang mungkin membuat kita panik jika kita tidak mengetahui secara pasti penyebab atau apa yang sebenarnya terjadi pada buah hati kita ketika mereka sering buang angin.



Penting bagi setiap orang tua untuk memperhatikan beberapa hal di atas agar kita dapat melakukan tindakan yang tepat terkait permasalahan kesehatan yang terjadi pada buah hati kita. Meskipun contoh di atas di mana bayi sering kentut adalah masalah yang bisa kita atasi sendiri, namun akan lebih bijaksana jika kita beberapa hal di atas sudah kita lakukan maka kita bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui jika ada permasalahan khusus yang terjadi pada buah hati kita. Namun satu hal yang harus kita ingat adalah untuk selalu siaga terhadap setiap kondisi yang terjadi pada buah hati kita sehingga kita pun tahu apa yang harus ktia lakukan sebagai bentuk pertolongan pertama dan kapan kita harus segera menghubungi dokter jika kondisi buah hati kita membutuhkan pertolongan lebih lanjut dari tenaga medis.

2 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini


Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!